Analisis Penerapan Pembiayaan Mudharabah Pada Operasional Perbankan Syariah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang)

DinaNurBaiti (2009) Analisis Penerapan Pembiayaan Mudharabah Pada Operasional Perbankan Syariah Berdasarkan Fatwa Dewan Syariah Nasional (Studi Pada Bank Syariah Mandiri Cabang Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian antara operasional pembiayaan mudharabah di perbankan syariah dengan fatwa dari Dewan Syariah Nasional. Dalam penelitian ini, operasional pembiayaan mudharabah yang akan diteliti kesesuaiannya dengan fatwa Dewan Syariah Nasional meliputi 6 aspek yaitu: akad, nisbah , modal, jaminan, reward & punishment dan penyelesaian pembiayaan yang bermasalah. Untuk itu, penelitian ini berjenis deskriptif dengan menggunakan analisis data kualitatif untuk mengetahui jawaban dari penelitian ini. Sedangkan untuk teknik keabsahan data, penelitian ini menggunakan trianggulasi sumber data, dimana sumber data dari penelitian ini adalah observasi, wawancara dan studi dokumen yang dilakukan di Bank Syariah Mandiri Cabang Malang. Dari hasil penelitian yang dilakukan, ditemukan beberapa ketidaksesuaian antara operasional pembiayaan mudharabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Malang dengan fatwa Dewan Syariah Nasional. Ketidaksesuaian ditemukan pada masalah modal, jaminan, dan juga reward & punishment. Dimana pada modal ditemukan bahwa BSM belum secara 100% membiayai usaha dari mudharibnya sehingga pembiayaan mudharabah BSM serupa dengan pembiayaan musyarakah. Pada jaminan ditemukan bahwa BSM akan tetap melakukan eksekusi terhadap jaminan dari mudharib apabila usaha mudharib mengalami kegagalan dengan alasan apapun (bahkan jika dikarenakan force majeur). Sedangkan untuk masalah reward&punishment ditemukan bahwa pengawasan yang dilakukan oleh BSM pada usaha mudharib masih kurang optimal. Sehingga dapat ditarik kesimpulan banwa pembiayaan mudharabah BSM belum secara optimal melaksanakan fatwa Dewan Syariah Nasional

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/452/050902694
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2009 11:03
Last Modified: 22 Oct 2021 09:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104337
[thumbnail of 050902694.pdf]
Preview
Text
050902694.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item