Analisis Pelaksanaan Dana Bergulir Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) (Studi Kasus pada Masjid Al Hilal dan Masjid Manarul Islam)

ShintaKusumaDewi (2009) Analisis Pelaksanaan Dana Bergulir Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3) (Studi Kasus pada Masjid Al Hilal dan Masjid Manarul Islam). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini secara umum ingin mendeskripsikan pelaksanaan dana bergulir Komunitas Usaha Mikro Muamalat Berbasis Masjid (KUM3). Sedangkan secara khusus untuk mengetahui pengaruh pemberian dana bergulir KUM3 terhadap peningkatan nilai produksi dan pendapatan peserta KUM3 setelah memperoleh dana bergulir serta untuk mengetahui kemungkinan adanya dana bergulir yang macet akibat ketiadaan jaminan dalam KUM3. Selain itu penulis ingin mengetahui pengaruh faktor lokasi masjid terhadap perubahan nilai produksi dan pendapatan peserta KUM3 setelah memperoleh dana bergulir. Dalam penelitian ini penulis menggunakan uji beda dua sampel berpasangan untuk mengetahui adanya pengaruh dana bergulir KUM3 terhadap peningkatan nilai produksi dan pendapatan peserta. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh faktor lokasi masjid terhadap perubahan nilai produksi dan pendapatan peserta KUM3, penulis menggunakan regresi linear berganda dengan variabel dummy. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa pemberian dana bergulir KUM3 berpengaruh terhadap peningkatan nilai produksi dan pendapatan peserta KUM3 setelah memperoleh dana bergulir. Namun demikian, lokasi masjid turut menentukan perubahan nilai produksi dan pendapatan peserta setelah memperoleh dana bergulir. Ketiadaan jaminan dalam KUM3 tidak menyebabkan adanya dana bergulir yang macet pada pelaksanaan KUM3 baik di Masjid Al Hilal maupun Masjid Manarul Islam karena dipengaruhi oleh strategi pendamping dalam mengatur cara pembayaran angsuran peserta dan komitmen pribadi peserta tentang sumber dana serta tujuan pemberian dana bergulir KUM3 sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/451/050902693
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2009 11:10
Last Modified: 22 Oct 2021 09:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104336
[thumbnail of 050902693.pdf]
Preview
Text
050902693.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item