Pengaruh Afiliasi Komisaris Independen dengan Komite Audit, Kualitas Audit, dan Kondisi Keuangan Perusahaan terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI)

DinastiMegasari (2009) Pengaruh Afiliasi Komisaris Independen dengan Komite Audit, Kualitas Audit, dan Kondisi Keuangan Perusahaan terhadap Penerimaan Opini Audit Going Concern (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

SAS No.59 meningkatkan tanggung jawab auditor untuk mengevaluasi status kelangsungan hidup perusahaan berdasarkan pada laporan keuangan. Auditor yang menyimpulkan bahwa terdapat keraguan yang kuat mengenai kemampuan perusahaan untuk melangsungkan hidup dan merasa tidak puas terhadap rencana manajemen yang diajukan untuk mengatasi hal tersebut maka auditor diminta untuk menerbitkan opini audit modifikasi going concern. Penelitian ini didesain untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan opini audit going concern pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktor-faktor yang diuji adalah afiliasi komisaris independen dengan komite audit, kualitas audit, dan kondisi keuangan perusahaan. Sampel yang digunakan adalah 40 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI mulai tahun 2005-2007. Sampel tersebut dipilih dengan metode sampel bersasaran. Hasil pengujian regresi logistik menunjukkan bahwa kondisi keuangan perusahaan (model revisi Altman) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern. Afiliasi komisaris independen dengan komite audit dan kualitas audit (skala auditor) tidak berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern . Hasil uji F menunjukkan bahwa afiliasi komisaris independen dengan komite audit, kualitas audit, dan kondisi keuangan perusahaan secara serentak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/44/050900481
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 27 Feb 2009 11:00
Last Modified: 22 Oct 2021 09:20
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104323
[thumbnail of 050900481.pdf]
Preview
Text
050900481.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item