Analisis Perbandingan Tingkat Penerimaan PPN Serta Kepatuhan Wajib Pajak Sebeluim Dan Sesudah Adanya Perubahan Peraturan Mengenai Sanksi Administrasi (Studi Kasus pada KPP Pratama Malang Utara)

SigitSetioDarmawan (2009) Analisis Perbandingan Tingkat Penerimaan PPN Serta Kepatuhan Wajib Pajak Sebeluim Dan Sesudah Adanya Perubahan Peraturan Mengenai Sanksi Administrasi (Studi Kasus pada KPP Pratama Malang Utara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pajak merupakan salah satu sumber penerimaan penting bagi negara untuk membiayai usaha pelaksanaan kegiatan pemerintahan dan pembangunan nasional. Oleh karena itu, pemerintah berusaha untuk meningkatkan penerimaan dari sektor pajak dengan melakukan perubahan terhadap Undang-undang (UU) yang terakhir terjadi di tahun 2007. Permasalahannya adalah seberapa jauh perkembangan tingkat penerimaan pajak dan apakah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap tingkat penerimaan PPN dan kepatuhan wajib pajak sebelum perubahan UU dengan setelah perubahan UU KUP pada tahun 2007. Hasil analisis perkembangan tingkat penerimaan pajak di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Malang Utara mengalami fluktuasi penerimaan dan kepatuhan wajib pajak, sedangkan hasil uji hipotesis data laporan penerimaan PPN dan kepatuhan wajib pajak di KPP Pratama Malang Utara 1 tahun sebelum perubahan dengan 1 tahun setelah perubahan UU KUP pada tahun 2007 dengan menggunakan uji Mann-Whitney U menyatakan bahwa tidak terdapat ada perbedaan yang signifikan terhadap penerimaan PPN sebelum dan sesudah perubahan UU sedangkan kepatuhan wajib pajak menyatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah perubahan UU. Terjadinya fluktuasi dan terdapatnya perbedaan yang signifikan kepatuhan wajib pajak dalam pelaporan SPT masa PPN sebelum dan sesudah perubahan UU disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor tersebut antara lain terjadinya perubahan UU yang mengatur mengenai sanksi administrasi, adanya pemeriksaan pajak dimana di dalamnya terdapat program ektensifikasi dan intensifikasi, dilakukannya tindakan penagihan terhadap pajak yang terutang, serta adanya faktor baik pendukung maupun penghambat secara internal dan eksternal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/419/050902633
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Oct 2009 11:58
Last Modified: 22 Oct 2021 09:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104301
[thumbnail of 050902633.pdf]
Preview
Text
050902633.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item