Analisis Tingkat Efisiensi Bank Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus Bank Umum Di Indonesia Tahun 2006-2008)

AndiArifin (2009) Analisis Tingkat Efisiensi Bank Dengan Pendekatan Data Envelopment Analysis (DEA) (Studi Kasus Bank Umum Di Indonesia Tahun 2006-2008). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efisiensi bank umum di Indonesia selama periode tahun 2006 hingga tahun 2008. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat efisiensi antara bank umum milik negara (BUMN) dengan bank umum swasta nasional (BUSN) serta untuk mengetahui variabel apa saja yang masih berpotensi untuk ditingkatkan efisiensinya. Data penelitian ini di dapatkan dari laporan keuangan bank yang dipublikasikan pada direktori perbankan Bank Indonesia (BI). Penelitian ini menggunakan 8 variabel terdiri dari 5 variabel input dan 3 variabel output. Variabel input terdiri dari aktiva tetap ( fixed asset ), biaya personalia/gaji ( salary expense ), biaya bunga ( interest expense ), biaya selain bunga ( other non interest expense ) dan pembelian surat berharga ( purchase fund ) sedangkan variabel output terdiri dari aktiva produktif ( earning asset ), pendapatan bunga ( interest income ) dan pendapatan selain bunga ( non interest income ). Penelitian ini menggunakan pendekatan data envelopment analysis (DEA) sebagai alat untuk menganalisis data dan metode analysis of variance (ANOVA) sebagai alat untuk menguji hipotesis. Berdasarkan pendekatan DEA, bank dinyatakan telah beroperasi dengan efisien bila score yang diperoleh bank tersebut 100%. Bank beroperasi kurang efisien bila score yang didapat kurang dari 100%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efisiensi BUMN dan BUSN bervariasi mulai dari yang telah beroperasi dengan efisien sampai dengan yang beroperasi kurang efisien. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa antara BUMN dan BUSN terdapat perbedaan nilai efisiensi secara signifikan. Variabel yang telah mencapai tingkat efisien yaitu variabel input pendapatan selain bunga ( non interest income ) sedangkan 7 variabel lainnya masih belum mencapai tingkat efisien.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/403/050902551
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Sep 2009 09:23
Last Modified: 22 Oct 2021 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104284
[thumbnail of 050902551.pdf]
Preview
Text
050902551.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item