Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Dalam Prosedur Penggajian (Studi Kasus Pada PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang)

DiahMeilina (2009) Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Dalam Prosedur Penggajian (Studi Kasus Pada PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan evaluasi atas sistem informasi akuntansi yang diterapkan oleh PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Fokus penelitian terletak pada bagaimana pelaksanaan sistem informasi akuntansi dalam prosedur penggajian yang diterapkan perusahaan memperlihatkan berjalannya fungsi pengendalian intern, sehingga mampu menghasilkan informasi yang tepat sasaran dan pada akhirnya mampu mencapai tujuan perusahaan. Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus dan lapangan, dimana penulis mengembangkan konsep dan menghimpun fakta-fakta namun tidak melakukan pengujian hipotesis. Tujuannya adalah untuk memberi gambaran terhadap situasi dan keadaan yang ada, yang diperoleh melalui metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini kemudian dievaluasi dan diberikan usulan perbaikan atas setiap permasalahan yang ada. Hasil evaluasi memberikan kesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi dalam prosedur penggajian yang dijalankan oleh PT PLN (Persero) Area Pelayanan dan Jaringan Malang telah terlaksana dengan baik, yaitu sesuai dengan standar dan prosedur yang ditetapkan oleh perusahaan. Sistem yang digunakan telah berbasis komputer, yaitu menggunakan sistem sumber daya perusahaan. Namun, beberapa perbaikan masih diperlukan untuk mengatasi kelemahankelemahan yang ada. Diantaranya adalah tidak adanya pembatasan dalam pemanfaatan teknologi internet, lemari tempat penyimpanan data yang masih rentan terhadap pencurian dan kerusakan, serta adanya beberapa pegawai yang kurang optimal dalam memanfaatkan waktu kerja.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/400/050902548
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Sep 2009 14:58
Last Modified: 22 Oct 2021 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104281
[thumbnail of 050902548.pdf]
Preview
Text
050902548.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item