Dampak Infrastruktur Jalan Terhadap Ekonomi Regional dan Kesejahteraan Masyarakat Propinsi Jawa Timur.

SyamsudinPrasetyo (2009) Dampak Infrastruktur Jalan Terhadap Ekonomi Regional dan Kesejahteraan Masyarakat Propinsi Jawa Timur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh infrastruktur jalan yang diukur melalui panjang jalan dan lalu lintas harian rata-rata terhadap ekonomi regional yang diwakili produk domestik regional bruto dan kesejahteraan masyarakat yang diwakili indeks pembangunan manusia. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk melihat pola persebaran panjang jalan, lalu lintas harian rata-rata, investasi, jumlah penduduk, produk domestik regional bruto dan indeks pembangunan manusia dalam bentuk peta geografis kabupaten / kota yang ada di propinsi Jawa Timur. Untuk membuktikan kontribusi tersebut digunakan path analyisis dan pola persebaran digunakan analisis sistem pemetaan data geografis secara manual. Dari hasil path analysis diketahui bahwa memang panjang jalan, lalu lintas harian rata-rata, investasi, jumlah penduduk berpengaruh positif dan signifikan terhadap produk domestik regional bruto dan produk domestik regional bruto berpengaruh positif signifikan terhadap indeks pembangunan manusia. Dengan rincian variabel panjang jalan berkontribusi sebesar 1,44%, lalu lintas harian rata-rata sebesar 62,88%, investasi sebesar 4%, jumlah penduduk sebesar 2,37% terhadap produk domestik regional bruto, sedangkan untuk pengaruh produk domestik regional bruto terhadap indeks pembangunan manusia sebesar 22,47%. Sementara untuk pola persebaran geografis berdasarkan hasil perhitungan sistem informasi gerografis didapatkan gambaran peta panjang jalan, peta lalu lintas hariann rata-rata, peta investasi, peta jumlah penduduk, peta produk domestik regional bruto dan peta indeks pembangunan manusia bahwa wilayah yang termasuk dalam kategori tinggi adalah wilayah tengah secara geografis propinsi Jawa Timur, sedangkan yang termasuk sedang berada di sebagian besar wilayah timur propinsi Jawa Timur dan sebagian kecil wilayah barat. Untuk kategori rendah berada merata di hampir seluiruh wilayah Jawa Timur sedangkan yang terakhir sebagian besar Kepulauan Madura masuk dalam kategori sangat rendah. Jadi kesimpulan yang dapat diambil adalah bahwa hipotesis yang mengatakan bahwa ada pengaruh infrastruktur jalan terhadap ekonomi regional dan kesejahteraan masyarakat dapat diterima. Dan wilayah yang memiliki infrastruktur jalan yang baik serta dapat menunjang perekonomian dan kesejahteraan masyarakat berada di wilayah tengah melintang dari sisi utara ke selatan propinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/398/050902546
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 03 Sep 2009 15:23
Last Modified: 22 Oct 2021 07:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104277
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ISI_SKRIPSI_BAB_1-V.pdf]
Preview
Text
ISI_SKRIPSI_BAB_1-V.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of PENGANTAR_SKRIPSI_(i-x).pdf]
Preview
Text
PENGANTAR_SKRIPSI_(i-x).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item