Analisis Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kesetiaan Konsumen Pada Divisi Servis Motor Kawasaki PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang.

RachmatDarmawan (2009) Analisis Pengaruh Relationship Marketing terhadap Kesetiaan Konsumen Pada Divisi Servis Motor Kawasaki PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing pada divisi servis motor Kawasaki PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang terhadap kesetiaan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Adapun variabel Relationship Marketing yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari manfaat keuangan, manfaat social, manfaat struktural. Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey , dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada para pelanggan PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa seluruh variabel Relationship Marketing berpengaruh terhadap kesetiaan para pelanggan divisi servis motor Kawasaki PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang, baik berpengaruh secara simultan maupun parsial. Variabel manfaat struktural merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kesetiaan pelanggan divisi servis motor Kawasaki PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai Standardized Beta variabel manfaat struktural yang paling besar dibandingkan dengan nilai Standardized Beta variabel Relationship Marketing yang lain. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R 2 ) diperoleh hasil sebesar 0,635. Artinya, kesetiaan pelanggan divisi servis motor Kawasaki PT. Surapita Unitrans, Cabang Jaksa Agung Suprapto Malang sebesar 63,5%. Hal ini dijelaskan oleh manfaat keuangan, manfaat sosial dan manfaat struktural, sedangkan sisanya, yaitu sebesar 36,5%, dipengaruhi faktor lain diluar model, misalnya faktor pelayanan, penataan ruang, maupun lokasi perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/374/050902407
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Sep 2009 13:58
Last Modified: 22 Oct 2021 07:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104253
[thumbnail of 050902407.pdf]
Preview
Text
050902407.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item