Analisis dan Desain Software Sistem Informasi Akuntansi Siklus Penghasilan Rawat Jalan Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Database Microsoft SQL Server 2000 dan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 (

AgungCaturHarmadi (2009) Analisis dan Desain Software Sistem Informasi Akuntansi Siklus Penghasilan Rawat Jalan Berbasis Komputer Dengan Menggunakan Database Microsoft SQL Server 2000 dan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 (. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem informasi akuntansi (SIA) yang baik adalah SIA terintegrasi yang ditunjang dengan sistem pengelolaan database atau Database Management System (DBMS). Sistem dan prosedur yang tepat serta sistem pengelolaan database yang baik akan menghasilkan penyediaan informasi yang berkualitas. Pada siklus penghasilan rawat jalan, pengelolaan data hanya sebagian yang berbasis komputer sehingga diperlukan perhatian yang menyeluruh tidak hanya terhadap sistem dan prosedur, tetapi juga kualitas dari program aplikasi yang digunakan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang mengarah pada studi kasus. Jadi, penelitian ini lebih bersifat penjelasan terhadap situasi dan keadaan yang ada, menganalisanya, menemukan masalah dan memberikan saran perubahan terhadap permasalahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan gambaran penerapan sistem penghasilan rawat jalan Rumah Sakit “Yasmin” yang diperoleh melalui teknik wawancara, pengamatan, dokumentasi data dan gabungan ketiganya. Gambaran ini kemudian dievaluasi dan dijadikan dasar untuk perancangan struktur desain Database Management System (DBMS) dan software aplikasi . Berdasarkan hasil analisis, siklus penghasilan rawat jalan Rumah Sakit “Yasmin” masih memiliki beberapa kelemahan terutama berkaitan dengan pengendalian internal rumah sakit. Kelemahan tersebut dapat diperbaiki dengan adanya prosedur, kebijakan manajemen dan penerapan software yang berbasis DBMS dimana telah tercakup juga pengendalian internal di dalamnya, sehingga dapat menghasilkan informasi yang berkualitas serta memberikan nilai tambah bagi rumah sakit “Yasmin”.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/355/050902314
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 24 Aug 2009 14:02
Last Modified: 22 Oct 2021 06:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104232
[thumbnail of 050902314.pdf]
Preview
Text
050902314.pdf

Download (12MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item