Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tiangkat Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberituhuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Malang Selatan).

PutriLailiAkhadiyah (2009) Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tiangkat Kepatuhan Penyampaian Surat Pemberituhuan Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi Kasus di KPP Pratama Malang Selatan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penerimaan pajak merupakan salah satu sumber pembiayaan pembangunan yang pada masa depan diharapkan kontribusinya semaksimal mungkin, agar tercapai kemandirian dalam pembiayaan keuangan Negara. Masalah kepatuhan wajib pajak adalah masalah penting. Karena jika wajib pajak tidak patuh maka akan menimbulkan keinginan untuk melakukan tindakan penghindaran, pengelakan, penyelundupan, dan pelalaian pajak. Kepatuhan wajib pajak juga dipengaruhi oleh beberapa faktor yang mempengaruhi diantaranya kesederhanaan SPT, sanksi, kesadaran wajib pajak, tingkat pengetahuan, dan pelayanan. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari kesederhanaan SPT, sanksi, kesadaran wajib pajak, tingkat pengetahuan, dan pelayanan terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam penyampaian SPT tahunannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian penjelas. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisoner dengan skala pengukuran menggunkan skala likert. Peneliti dapat mengumpulkan 100 kuisoner. Metode analisis pada penelitian ini menggunakan analisis faktor dan analisis regresi berganda untuk menjelaskan pengaruh faktor bebas terhadap faktor terikat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terbukti ada pengaruh positif dan signifikan kesederhanaan formulir, sanksi, kesadaran wajib pajak, tingkat pengetahuan, dan pelayanan (factor bebas) terhadap tingkat kepatuhan penyampaian SPT Tahunan Wajib Pajak Orang Pribadi (factor terikat). Kesadaran Wajib Pajak merupakan factor yang pengaruhnya paling dominan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/351/050902310
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2009 09:54
Last Modified: 11 Nov 2009 09:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104228
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item