Evaluasi Sistem Pengendalian Intern atas Pembayaran Klaim Pensiun Pertama dan Tunjangan Hari Tua (THT) Pada PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PT TASPEN) Persero Kantor Cabang Malang.

IkaYusdianawati (2009) Evaluasi Sistem Pengendalian Intern atas Pembayaran Klaim Pensiun Pertama dan Tunjangan Hari Tua (THT) Pada PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (PT TASPEN) Persero Kantor Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prosedur penelitian klaim sebagai salah satu prosedur yang harus dilalui PT TASPEN (Persero) Kantor Cabang Malang dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai juru bayar salah satu program asuransi sosial yang dikelolanya, yaitu tunjangan pensiun pertama dan THT kepada Pegawai Negeri Sipil yang telah memasuki usia pensiun, di dalam prosesnya merupakan prosedur yang cukup rumit dan rawan terjadi kesalahan. Kesalahan yang terjadi pada tahap penelitian ini akan mempengaruhi prosedur-prosedur selanjutnya, termasuk dalam pembayaran klaim. Seperangkat pengendalian internal yang baik, idealnya dapat membendung kesalahan tersebut maupun penyelewengan dan pencurian yang terjadi sehingga tidak sampai berakibat fatal bagi perusahaan. Oleh karena itu, sebuah penelitian diperlukan untuk menguji tingkat keefektifitan pengendalian intern yang diterapkan perusahaan dalam membendung terjadinya kesalahan atau kecurangan dalam proses operasinya sehinga tidak berakibat fatal bagi perusahaan. Adapun penelitian yang dilakukan merupakan salah satu bentuk penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus, yang mendasarkan pada metode observasi dan wawancara untuk memperoleh data. Atas data yang telah diperoleh, kemudian akan dibandingkan dengan seperangkat teori serta konsep yang terdapat dalam literatur guna pengambilan kesimpulan atas tingkat efektifitas pemberlakuan sistem pengendalian intern. Dan berdasar pada hasil evaluasi yang telah dilakukan peneliti, didapat suatu kesimpulan akhir bahwa pengendalian intern yang telah diterapkan PT TASPEN (Persero) KC Malang dalam proses pembayaran klaim pensiun pertama dan THT secara langsung, belum berjalan secara efektif.Ketidakefektifitan ini ditimbulkan dari lemahnya supervisi yang diterapkan masing-masing kepala seksi sehingga pencapaian target perusahaan tidak tercapai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/346/050902295
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Nov 2009 09:51
Last Modified: 22 Oct 2021 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104222
[thumbnail of 050902295.pdf]
Preview
Text
050902295.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item