Analisis pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan ROI, ROE, OCF, dan EVA terhadap Rate Of Return (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di BEI)

LilingAriPrahestiani (2009) Analisis pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan ROI, ROE, OCF, dan EVA terhadap Rate Of Return (Studi Empiris pada Perusahaan Otomotif yang Terdaftar di BEI). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh kinerja keuangan yang diukur dengan ROI, ROE, OCF, dan EVA terhadap Rate of Return . Sampel penelitian yang digunakan sebanyak 7 perusahaan dari populasi 19 perusahaan otomotif yang terdaftar di BEI yang menerbitkan laporan keuangan periode 2003-2007. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini berdasarkan pertimbangan ( purposive sampling ) untuk sampel bersyarat yang ditentukan dengan kriteria-kriteria tertentu. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda ( multiple regression ) untuk menguji pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Secara parsial, penelitian ini menunjukkan bahwa dari keempat variabel independen, dua variabel (ROE dan OCF) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap ROR sedangkan dua variabel lainnya (ROI dan EVA) tidak terbukti berpengaruh signifikan terhadap ROR. Secara simultan, penelitian ini menunjukkan bahwa keempat variabel independen (ROI, ROE, OCF, dan EVA) terbukti berpengaruh secara signifikan terhadap ROR.. Hal ini berarti konsep penilaian kinerja tersebut dapat digunakan sebagai indikator (tolak ukur) dalam melakukan penilaian terhadap tinggi rendahnya kinerja keuangan pada perusahaan otomotif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/343/050902292
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2009 11:08
Last Modified: 22 Oct 2021 06:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104219
[thumbnail of 050902292.pdf]
Preview
Text
050902292.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item