NelaGitaSeptiana (2009) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Kelas Dewasa (Studi Pada Rumah Sakit Lavalete Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap kelas Dewasa pada Rumah Sakit Lavalete Malang. Data yang dianalisa berasal dari 70 responden yang merupakan pasien rawat inap kelas Dewasa pada Rumah Sakit Lavalete Malang. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien , dengan nilai F hitung sebesar 10.817. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai t hitung sebesar 3.476 untuk bukti langsung (X1) dan variabel lainnya yang tidak berpengaruh signifikan dengan nilai t hitung masing-masing sebesar 0.465 untuk keandalan (X2), 0.799 untuk daya tanggap (X3), 1.596 untuk jaminan (X4), dan 1.390 untuk empati (X5). Nilai ajusted R square sebesar 0.416. Variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mempunyai hubungan positif atau searah dengan kepuasan konsumen . Variabel bukti langsung merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan pasien. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk memperoleh kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/327/050902154 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 21 Aug 2009 11:12 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104203 |
Preview |
Text
050902154.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |