Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Trust Konsumen dalam Transaksi Business to Customer di Sistem E-Commerce.

PrettyFirsttanti (2009) Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Trust Konsumen dalam Transaksi Business to Customer di Sistem E-Commerce. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Trust (kepercayaan) telah dibuktikan oleh sebagian besar peneliti sebagai faktor penting dalam mengurangi risiko dan ketidakpastian dalam transaksi online dengan sistem electronic commerce ( e-commerce ). Berkaitan dengan transaksi bisnis e-commerce di Indonesia yang masih merupakan suatu fenomena yang baru dan sudah mulai berkembang, fenomena yang menarik untuk diteliti adalah faktor-faktor yang mempengaruhi trust (kepercayaan) konsumen terhadap sistem e-commerce . Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris apakah structural assurance (keamanan jaringan), situational normality (situasi normal) , perceived reputation (persepsi reputasi), perceived size (persepsi ukuran) , dan online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap trust (kepercayaan) konsumen dalam melakukan transaksi perdagangan online dengan sistem e-commerce , khususnya B2C ( business to customer ) e-commerce . Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel pengguna internet di indonesia yang sering mengakses situs e-commerce dan/atau pernah bertransaksi di situs e-commerce dengan electronic mail survey (EMS). Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 103 responden. Peneliti menggunakan teknik regresi linear berganda untuk menguji data penelitian dengan menggunakan software SPSS versi 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan, variabel structural assurance (keamanan jaringan), situational normality (situasi normal) , perceived reputation (persepsi reputasi), perceived size (persepsi ukuran) , dan online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) berpengaruh terhadap trust (kepercayaan) konsumen dalam transaksi B2C di sistem ecommerce . Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel situational normality (situasi normal) , perceived reputation (persepsi reputasi), perceived size (persepsi ukuran) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap trust (kepercayaan) di sistem e-commerce , dan structural assurance (keamanan jaringan), online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) berpengaruh secara signifikan trust (kepercayaan) di sistem e-commerce . Dengan demikian, structural assurance (keamanan jaringan) dan online transaction self efficacy (keyakinan sendiri-transaksi online ) merupakan variabel yang sangat penting dalam mempengaruhi trust (kepercayaan) konsumen e-commerce

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/326/050902153
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 21 Aug 2009 11:03
Last Modified: 22 Oct 2021 06:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104202
[thumbnail of 050902153.pdf]
Preview
Text
050902153.pdf

Download (11MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item