Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah, Kompleksitas Sistem, Politik dan Karakteristik Individu terhadap Keefektifan Sistem Anggaran Kinerja (Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Trenggalek)

MerlynaMeghawati (2009) Pengaruh Kompetensi Aparatur Pemerintah, Kompleksitas Sistem, Politik dan Karakteristik Individu terhadap Keefektifan Sistem Anggaran Kinerja (Studi Kasus pada Pemerintah Kabupaten Trenggalek). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

APBD menduduki posisi sentral dalam upaya pengembangan kapabilitas dan efektivitas pemerintah daerah. APBD digunakan sebagai alat untuk menentukan besarnya pendapatan dan pengeluaran, membantu pengambilan keputusan dan perencanaan pembangunan, otorisasi pengeluaran di masa-masa yang akan datang, sumber pengembangan ukuran-ukuran standar untuk evaluasi kinerja, alat untuk memotivasi para pegawai, dan alat koordinasi bagi semua aktivitas dari berbagai unit kerja Oleh karena itu salah satu pelaksanaan proses pengendalian manajemen adalah penyusunan dan pelaksanaan anggaran. Implementasi sistem anggaran berbasis kinerja menunjukkan banyaknya kesulitan yang dialami pemerintah daerah. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba untuk mengembangkan studi tentang penerapan sistem anggaran kinerja pada pemerintah daerah Kabupaten Trenggalek dengan melakukan pengujian pengaruh empat faktor kontijensi, yaitu: kompetensi aparatur pemerintah, kompleksitas sistem, politik dan karakteristik individu terhadap keefeektifan sistem anggaran berbasis kinerja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling . Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah Analisis Regresi Linier Berganda Metode analisis ini digunakan untuk mengetahui pengaruh kompetensi aparatur pemerintah, kompleksitas sistem, politik dan karakteristik individu secara simultan terhadap keefektifan sistem anggaran kinerja serta untuk mengetahui variabel independen mana yang berpengaruh dominan terhadap keefektifan sistem anggaran kinerja. Hasil analisis menunjukkan bahwa kompetensi aparatur pemerintah,kompleksitas sistem, politik dan karakteristik individu mempunyai pengaruh terhadap keefektifan sistem anggaran kinerja. Selain itu, hasil analisis juga menunjukkan bahwa variabel yang paling dominan dalam mempengaruhi keefektifan sistem anggaran kinerja adalah variabel politik pada pemerintah daerah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/309/050901976
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2009 14:30
Last Modified: 22 Oct 2021 05:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104183
[thumbnail of 050901976.pdf]
Preview
Text
050901976.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item