Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama pada Koperasi Agro Niaga Indonesia Syariah di Kabupaten Malang.

WalidFajarAntariksa (2009) Analisis Lingkungan Internal dan Eksternal Sebagai Dasar Perumusan Strategi Utama pada Koperasi Agro Niaga Indonesia Syariah di Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan di lingkungan bisnis, terutama di bidang lembaga keuangan, merupakan suatu keniscayaan. Untuk dapat bertahan dan mencapai tujuan yang diharapakan sebuah lembaga keuangan harus dapat menentukan strategi yang efektif dan efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan strategi utama yang tepat pada Koperasi Agro Niaga Indonesia Syariah (KANINDO Syariah) di Kabupaten Malang untuk mencapai tujuan-tujuannya dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternalnya. Penelitian ini adalah penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun konsep yang digunakan dalam perumusan strategi adalah dengan menggunakan konsep Fred R David. Tahap pertama yang dilakukan dalam perumusan strategi adalah dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal dari KANINDO Syariah. Adapun alat analisis yang digunakan adalah analisis EFE dan IFE. Tahap selanjutnya yaitu menggunakan alat analisis IE yang merupakan alat dalam menentukan alternatif strategi yang mungkin dilakukan. Tahap terakhir adalah membuat analisis QSPM untuk menentukan strategi mana yang dianggap paling tepat untuk diimplementasikan. Hasil analisis lingkungan eksternal pada Matriks EFE menunjukkan nilai 2,8 yang mengindikasikan respon bahwa KANINDO Syariah terhadap lingkungan eksternal adalah di atas rata-rata. Artinya, perusahaan telah mampu memanfaatkan peluang dan mengantisipasi ancaman yang muncul. Hasil analisis lingkungan internal dengan Matrik IFE menunjukkan nilai 3,15. Hal ini mengindikasikan KANINDO Syariah dapat memanfaatkan keunggulan yang dimiliki untuk meminimalkan kelemahan yang ada. Berdasarkan hasil analisis Matriks IE , KANINDO Syariah berada pada sel IV. Altenatif strategi dapat digunakan yaitu Market Penetration Strategy, Market Development Strategy dan Product Development Strategy . Hasil analisis QSPM menunjukkan Market Development Strategy adalah strategi yang paling tepat untuk dilakukan oleh KANINDO Syariah di Kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/308/050901975
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2009 14:54
Last Modified: 22 Oct 2021 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104182
[thumbnail of awalan_skripsi.pdf]
Preview
Text
awalan_skripsi.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_lengkap.pdf]
Preview
Text
Skripsi_lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item