Penggunaan e-Commerce Dalam Kegiatan Pemasaran Text Book Bagi Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang.

PrimaPutriPertiwi (2009) Penggunaan e-Commerce Dalam Kegiatan Pemasaran Text Book Bagi Mahasiswa Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan e-Commerce dalam menunjang kegiatan pemasaran text book dengan fokus penelitian yaitu bagaimana penggunaan e-Commerce di kalangan mahasiswa Universitas Brawijaya dalam menunjang kegiatan pemasaran text book . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan penggunaan e-Commerce dalam kegiatan pemasaran text book pada mahasiswa di Universitas Brawijaya. Analisa yang digunakan adalah analisa model interaktif dan crosstabulation . Analisis model interaktif menggunakan tiga jenis kegiatan analisis setelah dilakukan proses pengumpulan data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisa model interaktif dan crosstabulation diketahui bahwa Mahasiswa Universitas Brawijaya sudah mengenal dan memanfaatkan e-Commerce dalam proses pembelian text book , hal ini ditunjukkan dengan terjadinya peningkatan pengguna e-Commerce berawal dari tahun 2004/2005 sebesar 24% kemudian meningkat menjadi 72% pada tahun 2006/2007. Hasil terungkap bahwa mahasiswa Universitas Brawijaya menerapkan e-Commerce lebih merupakan informasi dari teman(42%), Dosen(16%) dan Saudara(4%). Informasi tentang penggunaan e-Commerce yang diketahui sendiri hanya sebesar 38%. Dari fakta-fakta yang terungkap menunjukkan bahwa dari tahun ke tahun pengguna e-Commerce semakin meningkat dan media pemasaran ini semakin digemari mahasiswa untuk melakukan transaksi pembelian, namun diperlukan peran dari Pemerintah bersama dengan produsen e-Commerce untuk memberikan upaya sosialisasi terhadap penggunaan e-Commerce . Selain itu pemerintah diharapkan memberikan jaminan keamanan bagi pengguna e-Commerce agar terhindar dari kejahatan dunia maya ( Cyber Crime ) selama melakukan proses transaksi pembelian melalui e-Commerce dan memberikan jaminan hukum atas penipuan-penipuan yang mungkin akan diterima konsumen pengguna e-Commerce .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/3/050900219
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Feb 2009 08:39
Last Modified: 22 Oct 2021 05:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104172
[thumbnail of 050900219.pdf]
Preview
Text
050900219.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item