Pengaruh Profitabilitas, Nilai Tukar (Kurs) USD, Suku Bunga SBI, dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan LQ45 yang Go Public di BEI Periode 2005-2007).

AlisSafiriaAtfi (2009) Pengaruh Profitabilitas, Nilai Tukar (Kurs) USD, Suku Bunga SBI, dan Inflasi Terhadap Harga Saham (Studi Pada Perusahaan LQ45 yang Go Public di BEI Periode 2005-2007). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pasar modal merupakan salah satu sarana untuk memperoleh dana jangka panjang bagi perusahaan dan sarana bagi para investor dalam menanamkan modalnya. Salah satu cara memperoleh dana jangka panjang yang diperlukan oleh perusahaan dapat diperoleh dengan menerbitkan saham. Investasi dalam bentuk saham dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor makro ekonomi maupun kinerja perusahaan. Faktor makro ekonomi seperti nilai tukar, tingkat suku bunga, dan tingkat inflasi. Perubahan faktor makro tersebut akan mempengaruhi kondisi perekonomian Indonesia, ini akan berimbas pada kinerja pasar modal dalam hal ini yang terkena dampaknya adalah harga saham yang fluktuatif. Perubahan tersebut berpengaruh pada perkembangan emiten dan kemampuan masyarakat untuk berinvestasi, karena hal ini akan mempengaruhi tingkat return yang mereka dapatkan nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, nilai tukar USD, suku bunga, dan tingkat inflasi terhadap harga saham pada perusahaan LQ45 di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005-2007. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dan sampel yang digunakan adalah 17 perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Uji F dan uji t digunakan untuk menguji hipotesis dengan tingkat signifikansi 5%. Dari hasil penelitian, dengan uji F diperoleh hasil bahwa variabel profitabilitas, nilai tukar USD, suku bunga SBI, dan inflasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap harga saham. Dengan uji t diperoleh hasil bahwa hanya variabel profitabilitas dan inflasi saja yang berpengaruh terhadap harga saham, sedangkan nilai tukar USD dan suku bunga tidak berpengaruh terhadap harga saham. Dari hasil analisis regresi, diketahui bahwa profitabilitas, nilai tukar USD, suku bunga SBI, dan inflasi mempunyai pengaruh dalam menjelaskan harga saham sebesar 34,5% sedangkan sisanya, yaitu 65,5%, dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan ke dalam penelitian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/293/050901824
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Aug 2009 15:19
Last Modified: 22 Oct 2021 05:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104165
[thumbnail of 050901824.pdf]
Preview
Text
050901824.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item