Perumusan Strategi Perusahaan Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Malang.

EfrizalFarizkha (2009) Perumusan Strategi Perusahaan Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Selain visi dan misi, setiap perusahaan pastilah mempunyai tujuan. Baik itu tujuan jangka pendek maupun jangka panjang yang hendak dicapai. Usaha pencapaian tujuan perusahaan umumnya tidak lepas dari kondisi lingkungan, yang dalam perkembangannya selalu berubah. Strategi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan perusahaan untuk mengantisipasi ataupun menjawab tantangan perubahan lingkungan. Untuk menghasilkan strategi yang efektif dan efisien, salah satu proses manajemen strategi yang dapat dimanfaatkan perusahaan adalah perumusan strategi. Dengan perumusan strategi yang baik diharapkan follow-up berupa implementasi dan evaluasi serta pengendalian strategi dapat berjalan dengan baik dalam mendukung pencapaian tujuan perusahaan. Salah satu perusahaan yang dituntut untuk selalu mengantisipasi perubahan lingkungan dengan jalan menghasilkan strategi yang tepat melalui perumusan strategi yang baik adalah PT. Mitra Pinasthika Mustika Motor Malang, salah satu main dealer sepeda motor Honda. Perumusan strategi dilakukan melalui tiga tahapan yaitu Input Stage, Matching Stage dan Decision Stage . Input Stage terdiri dari Matrik EFE dan IFE yang menjadi input utama 2 tahapan selanjutnya. Matching Stage terdiri dari Matrik TOWS, Matrik I-E dan Matrik Grand Strategy yang nantinya akan menghasilkan berbagai alternatif strategi yang dapat digunakan oleh perusahaan. Pemilihan terhadap alternatif strategi terjadi pada Decision Stage yang menggunakan Matrik QSP sebagai alat bantunya. Hasil Matrik EFE sebesar 3,12 menunjukkan bahwa perusahaan telah cukup baik dalam mengambil keuntungan dari peluang dan berhasil menghindari dampak dari ancaman yang ada. Adapun dari lingkungan internal, hasil Matrik IFE sebesar 2,80 menunjukkan keadaan internal perusahaan yang cukup kuat. Matrik TOWS menghasilkan beberapa alternatif strategi yaitu strategi SO yang dapat digunakan sesuai dengan situasi yang dihadapi perusahaan.. Adapun alternatif strategi yang ditawarkan oleh hasil analisis Matrik Grand Strategy adalah penetrasi pasari, pengembangan produk, pengembangan pasar integrasi (depan, belakang, horisontal) dan diversifikasi konsentris. Hasil Matrik QSPM menghasilkan pilihan terbaik pada strategi pengembangan produk. Strategi pengembangan produk jelas mengacu pada dua hal yaitu produk perusahaan yang berupa kendaraan roda dua dan jasa pelayanan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/286/050901817
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Jul 2009 14:31
Last Modified: 22 Oct 2021 05:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104157
[thumbnail of 050901817.pdf]
Preview
Text
050901817.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item