IkaFitriYuniarti (2009) Inovasi Produk Sebagai Strategi Keunggulan Bersaing Pada Perusahaan Keripik Tempe Aneka Rasa Bu Noer, Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengambilan keputusan inovasi produk sebagai strategi keunggulan bersaing dengan cara analisis lingkungan eksternal (EFAS) dan internal (IFAS) dengan menggunakan diagram dan matrik SWOT ( strength, weakness, opportunity, threat ), untuk mengetahui proses implementasi inovasi produk yang telah dilakukan serta evaluasi inovasi produk terhadap kinerja perusahaan. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara, dokumentasi serta studi pustaka. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa kualitatif (naratif) dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari matrik EFAS didapat skor peluang 1,90 lebih besar daripada ancaman sebesar 1,15. begitu pula dengan matrik IFAS didapat kekuatan sebesar 2,00 lebih besar daripada kelemahan sebesar 0,55. Dari hal tersebut maka posisi perusahaan sesuai diagram SWOT terletak pada sel I yang berarti sebaiknya mengarahkan perusahaan pada usaha intensif untuk meningkatkan posisi bersaing. Strategi yang telah dilakukan keripik tempe Bu Noer sampai saat ini sudah tepat yaitu inovasi produk, yang diharapkan dengan menjalankan strategi tersebut dapat meningkatkan posisi bersaing perusahaan dan mendapat keunggulan bersaing dibanding pesaingnya. Tahapan implementasi inovasi produk keripik tempe Bu Noer meliputi tahap penggalian ide, pengembangan konsep, pengembangan strategi pemasaran, analisis bisnis, pengembangan produk serta pengujian pasar. Ide sebagian besar masih berasal dari pemilik, perancangan strategi pemasaran dirancang sederhana, dengan menggunakan papan nama, dari mulut ke mulut, kerjasama dengan pihak hotel dengan sistem kepercayaan. Evaluasi inovasi produk terhadap kinerja perusahaan terlihat bahwa dari ketiga produk baru, meskipun brownies tempe diluncurkan pertama, konsumen masih lebih menyukainya, realisasi penjualan perlahan-lahan terus meningkat. Dari realisasi penjualan yang ada, dapat disimpulkan konsumen tertarik akan produk baru tersebut sehingga Keripik tempe Aneka Rasa Bu Noer memperoleh keunggulan bersaing dengan adanya inovasi produk. Hal ini juga berdampak pada sisi keuangan perusahaan yang semakin lama semakin meningkat sehingga laba perusahaan juga akan meningkat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/281/050901811 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 09 Jul 2009 10:49 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 05:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104152 |
Preview |
Text
050901811.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
![]() |
View Item |