Kusumawardhani, Rury Dewi (2017) Analisis Pengaruh Faktor Lingkungan Terhadap Perkembangan Psikologis Tokoh Sébastien Dalam Film Belle Et Sébastien. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Masa kanak-kanak akhir merupakan salah satu fase yang penting dalam proses perkembangan manusia karena pada masa ini seorang anak mulai melakukan berbagai kegiatan di luar rumah dan berinteraksi dengan dunia yang lebih luas. Aspek perkembangan tersebut antara lain aspek fisik, kognitif, dan psikososial. Pada teori perkembangan psikososial Erik Erikson, masa kanak-kanak akhir berada pada tahap industri vs inferioritas. Sementara itu, Jean Piaget mengemukakan masa kanak-kanak akhir sebagai tahap operasional konkret. Salah satu film Prancis yang menggambarkan perkembangan psikologis seorang anak pada masa kanak-kanak akhir adalah Belle et Sébastien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor lingkungan terhadap perkembangan psikologis tokoh Sébastien dalam film tersebut. Penelitian ini menggunakan teori perkembangan psikososial Erik Erikson dan teori perkembangan kognitif Jean Piaget. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan sebuah aktivitas ataupun proses objek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Sébastien memiliki rasa terhadap industri yang dominan sehingga ia dapat menghadapi berbagai masalah dengan baik berdasarkan pengetahuan yang ia dapat sebelumnya. Pengetahuan dan pengalaman tersebut ia dapatkan dari tiga faktor lingkungan yaitu keluarga, masyarakat, dan keadaan alam sekitar. Rasa inferior yang sempat ada dalam dirinya juga dapat diatasi sehingga ia dapat menjalani aktivitasnya dengan baik.
English Abstract
The middle and late childhood is an important phase in the process of human development because at this time children begin to perform various activities outside their home and interact with the wider world. These developmental aspects consist of physical, cognitive, and psychosocial aspects. In Erik Erikson's psychosocial developmental theory, the late childhood is a stage of industry vs. inferiority. Meanwhile, Jean Piaget presents the late childhood as the concrete operational phase. One of French movies that reflects children's psychological development in late childhood phase is Belle et Sébastien. This study aims to determine the influence of environmental factors on the psychological development of Sébastien in the movie. This research ustilises Erik Erikson's psychosocial developmental theory and Jean Piaget's cognitive developmental theory. The design of the study is descriptive qualitative, aiming to describe an activity or a process of an object of the research. The results indicate that Sébastien has a dominant sense of industry, enabling him to deal with various problems well by employing his background knowledge. He acquires his background knowledge by learning and experiencing from three environmental factors, which are family, community and natural surroundings. The inferiority within himself can also be overcome, resulting in his capability to perform various tasks well.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FBS/2018/23/051800602 |
Uncontrolled Keywords: | Psikologi, Psikologi Perkembangan, Psikososial, Kognitif |
Subjects: | 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.4 Child psychology > 155.424 Children six to eleven |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis |
Depositing User: | Yusuf Dwi N. |
Date Deposited: | 11 May 2018 08:25 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 06:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/10415 |
Text
RURY DEWI KUSUMAWARDHANI.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |