Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang).

DeviNovariaPurnamasari (2009) Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran jasa terhadap kepuasan pelanggan PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang). Data yang dianalisa berasal dari 100 responden yang merupakan pelanggan PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang). Alat analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa secara uji persamaan model bauran pemasaran jasa berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan , dengan nilai F hitung sebesar 4.067. Secara uji persamaan variabel product (X1), price (X2), place (X3), promotion (X4), people (X5), physical evidence (X6) dan process (X7) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Akan tetapi secara parsial hanya variabel ), price (X2), place (X3), promotion (X4) dan process (X7) yang berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan pelanggan (Y). Sedangkan variabel product (X1), people (X5) dan physical evidence (X6) tidak menunjukkan angka yang signifikan . Hasil ini disebabkan karena variabel yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pelanggan PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang) adalah variabel place (X3) alasannya karena PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang) memiliki lokasi yang strategis, lokasi agen dan pedagang eceran yang strategis serta jangkauan distribusi yang luas. Variabel kedua yang memiliki pengaruh berarti adalah promotion (X4), alasannya banyak sedikitnya program promosi mempengaruhi peningkatan atau penurunan kepuasan pelanggan . Variabel ketiga yang mempengaruhi adalah process (X7), alasannya pelanggan membutuhkan proses pengiriman koran yang cepat dan tepat waktu menuju lokasi, proses pelayanan pemasangan iklan cepat dan mudah serta karyawan yang mampu menjalin hubungan interaktif dengan pelanggan. Variabel keempat yang mempengaruhi adalah price (X2), alasannya peningkatan atau potongan harga dapat mempengaruhi peningkatan atau penurunan kepuasan pelanggan. Hasil analisis korelasi diperoleh nilai R 2 = 0.236. Angka ini menunjukkan kepuasan pelanggan yang dipengaruhi bauran pemasaran diperoleh sebesar 23.6% sedangkan 76.4%, dijelaskan oleh variabel lain di luar bauran pemasaran yaitu, faktor ekonomi. Adanya krisis global menyebabkan harga barang-barang meningkat sehingga banyak pelanggan yang memilih berhenti berlangganan koran Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk mempertahankan dan meningkatkan kualitas jasa PT. Malang Intermedia Pers (Jawa Pos Radar Malang) untuk memperoleh kepuasan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/275/050901805
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2009 09:38
Last Modified: 22 Oct 2021 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104145
[thumbnail of 050901805.pdf]
Preview
Text
050901805.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item