Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger & Akuisisi Menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA)

DianMayasari (2009) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Merger & Akuisisi Menggunakan Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah peristiwa merger dan akuisisi mempengaruhi kinerja perusahaan pengakuisisi. Kinerja perusahaan diukur menggunakan economic value added (EVA) dan market value added (MVA) . Sampel penelitian ini terdiri dari 12 perusahaan manufaktur yang melakukan merger dan akuisisi selama periode 1992-2003. Uji wilcoxon signed ranks digunakan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan nilai EVA dan MVA sebelum dan sesudah merger dan akuisisi. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak adanya perbedaan kinerja yang signifikan antara periode sebelum dan sesudah merger dan akuisisi baik dari nilai EVA maupun nilai MVA, kecuali untuk nilai EVA 4 tahun setelah merger dan akuisisi. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa perusahaan pengakuisisi cenderung mengalami penurunan kinerja setelah dilakukan merger dan akuisisi meskipun penurunan tersebut tidak signifikan secara statistik. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa tujuan ekonomis untuk mencapai sinergi dan kekuatan pasar tidak tercapai hingga tahun keempat setelah merger dan akuisisi. Hal ini mungkin disebabkan motivasi non-ekonomis seperti insentif pribadi manajer, avoidance of take-over , atau menyelamatkan perusahaan target yang terpuruk menjadi bahan pertimbangan dalam pengambilan keputusan merger dan akuisisi. Atau permasalahan yang dapat menyebabkan terjadinya kegagalan merger dan akuisisi ikut andil dalam mempengaruhi kinerja perusahaan pengakuisisi setelah merger dan akuisisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/274/050901804
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 09 Jul 2009 09:58
Last Modified: 22 Oct 2021 05:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104144
[thumbnail of 050901804.pdf]
Preview
Text
050901804.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item