Sistem Infomasi Akuntansi Sebagai Alat Pengendalian Internal dalam Prosedur Penggajian dan Pengupahan (Studi Kasus pada PT. Motasa Indonesia).

EkaFathminSangadji (2009) Sistem Infomasi Akuntansi Sebagai Alat Pengendalian Internal dalam Prosedur Penggajian dan Pengupahan (Studi Kasus pada PT. Motasa Indonesia). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Salah satu tujuan dari sistem informasi akuntansi adalah untuk memperbaiki pengawasan akuntansi dan pengendalian interen yaitu untuk menyediakan catatan lengkap mengenai pertanggung jawaban dan perlindungan kekayaan perusahaan. Sistem informasi akuntansi (SIA) yang baik adalah SIA yang didukung dengan penggendalian internal dimana struktur pengendalian internal terdiri dari kebijakan dan prosedur yang dibuat untuk mencapaian tujuan tertentu organisasi. Pada PT.Motasa Indonesia belum adanya penyususnan sistem dan prosedur secara tertulis yang dapat dijadikan pedoman pada siklus penggajian perusahaan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dimana penelitian ini memberikan penjelasan terhadap suatu masalah atau keadaan yang ada, serta memberikan solusi terhadap permasalaahan yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis siklus penggajian, pengendalian internal, struktur organisasi, kebijakan manajemen dan analisis kebijakan akuntansi yang dijalankan oleh perusahaan. Serta membuat usulan untuk pembuatan standar operasional prosedur perusahaan. . Berdasarkan hasil analisis, PT.Motasa Indonesia memiliki kelemahan dalam menjalankan siklus penggajian perusahaan, dimana belum adanya sistem dan prosedur pada siklus penggajian yang dibuat secara baku dan tertulis. Oleh karena itu, kelemahan tersebut perlu diperbaiki dengan membuta sistem dan prosedur bagi perusahaan, sehingga dapat digunakan oleh karyawan sebagai pedoman dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam siklus penggajian perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/271/050901758
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 06 Jul 2009 09:41
Last Modified: 22 Oct 2021 05:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104141
[thumbnail of 050901758.pdf]
Preview
Text
050901758.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item