Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, dan Faktor Sosial terhadap Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Berbasis Komputer : Gender Sebagai Varibel Moderating.

NurlitaNovianti (2009) Pengaruh Ekspektasi Kinerja, Ekspektasi Usaha, dan Faktor Sosial terhadap Minat Pemanfaatan Sistem Informasi Berbasis Komputer : Gender Sebagai Varibel Moderating. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer dan gender sebagai varibel moderating dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang diajukan oleh Venkatesh et al (2003). Penelitian ini dilakukan di sejumlah organisasi sektor publik yang terdapat di kota Malang. Peneliti memperoleh responden sebanyak 65 orang karyawan yang menggunakan sistem informasi berbasis komputer dalam kegiatan operasionalnya. Peneliti menggunakan teknik regresi linier berganda dan moderating regression analysis untuk menguji data penelitian. Hasil analisis untuk model regresi I menunjukkan bahwa secara simultan, variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan faktor sosial berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer. Sedangkan secara parsial menunjukkan bahwa variabel ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer, dan faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer. Hal ini berarti bahwa minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer dipengaruhi oleh variabel faktor sosial. Selanjutnya hasil analisis untuk model regresi II menunjukkan bahwa variabel gender tidak memiliki pengaruh yang signifikan sebagai variabel moderating dari ekspektasi kinerja, ekspektasi usaha, dan faktor sosial. Implikasi dari penelitian ini relevan bagi organisasi sektor publik yang mengadopsi dan mengembangkan sistem informasi berbasis komputer bagi kegiatan operasionalnya, untuk memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi minat pemanfaatan sistem informasi berbasis komputer.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/268/050901754
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jun 2009 14:40
Last Modified: 22 Oct 2021 05:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104137
[thumbnail of 050901754.pdf]
Preview
Text
050901754.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item