Pengaruh Variabel PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, dan SSP PPN Terhadap Tingkat Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (Studi Kasus pada KPP Pratama Malang Selatan)”

LukasYudhiWS (2009) Pengaruh Variabel PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, dan SSP PPN Terhadap Tingkat Pengembalian Kelebihan Pembayaran Pajak Pertambahan Nilai (Studi Kasus pada KPP Pratama Malang Selatan)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan perkembangan perekonomian saat ini, peranan pajak semakin penting dalam penerimaan negara. PPN sebagai salah satu sumber penerimaan pajak terbesar memiliki mekanisme restitusi untuk kelebihan pembayaran pajak. Besarnya restitusi akan mengurangi penerimaan PPN. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, dan SSP PPN terhadap tingkat restitusi PPN pada KPP Pratama Malang Selatan selama periode 2004:1-2008:12. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif karena bertujuan mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu: (1) pengaruh variabel jumlah PKP terdaftar, SPT Masa PPN yang dilaporkan, serta SSP PPN yang disetor terhadap tingkat pengembalian kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai, (2) dari ketiga variabel tersebut, variabel manakah yang paling besar mempengaruhi tingkat pengembalian kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai. Untuk keperluan analisis, penelitian ini melakukan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda pada variabel independen jumlah PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, SSP PPN terhadap variabel dependen tingkat restitusi PPN. penting dalam penerimaan negara. PPN sebagai salah satu sumber penerimaan pajak terbesar memiliki mekanisme restitusi untuk kelebihan pembayaran pajak. Besarnya restitusi akan mengurangi penerimaan PPN. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh variabel PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, dan SSP PPN terhadap tingkat restitusi PPN pada KPP Pratama Malang Selatan selama periode 2004:1-2008:12. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif karena bertujuan mengetahui hubungan dua variabel atau lebih. Penelitian ini mengangkat dua permasalahan yaitu: (1) pengaruh variabel jumlah PKP terdaftar, SPT Masa PPN yang dilaporkan, serta SSP PPN yang disetor terhadap tingkat pengembalian kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai, (2) dari ketiga variabel tersebut, variabel manakah yang paling besar mempengaruhi tingkat pengembalian kelebihan pembayaran Pajak Pertambahan Nilai. Untuk keperluan analisis, penelitian ini melakukan uji asumsi klasik dan analisis regresi berganda pada variabel independen jumlah PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, SSP PPN terhadap variabel dependen tingkat restitusi PPN. Temuan yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: (1) variabel PKP Terdaftar, SPT Masa PPN, dan SSP PPN berpengaruh signifikan terhadap tingkat restitusi PPN dengan arah positif, (2) SSP PPN merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap tingkat restitusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/265/050901739
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Jun 2009 09:16
Last Modified: 22 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104134
[thumbnail of 050901739.pdf]
Preview
Text
050901739.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item