Evaluasi Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang

AdityaPratama (2009) Evaluasi Kinerja Organisasi dengan Pendekatan Balanced Scorecard pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang sebagai instansi yang berperan dalam penyaluran Dana Pensiun dan Tabungan Hari Tua (THT) harus memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat. Dengan mengedepankan Visi PT Taspen (Persero) yaitu "Menjadikan Taspen sebagai Pengelola dana pensiun dan THT serta jaminan sosial lainnya yang terpercaya, bersih, sehat, dan benar dengan pelayanan tepat orang, tepat waktu, tepat jumlah, tepat tempat dan tepat administrasi" . PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang berusaha memberikan layanan dengan berpedoman pada prinsip-prinsip yang telah ditetapkan PT Taspen (Persero) Indonesia untuk menciptakan kepuasan kepada masyarakat dan para Peserta Taspen. PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang terus melakukan upaya perbaikan dalam langkah evaluasi kinerja dan perencanaan strategi. Salah satu metode yang dapat digunakan dalam evaluasi kinerja perusahaan adalah Balanced Scorecard. Balanced Scorecard adalah suatu alat pengukuran kinerja perusahaan yang komprehensif, koheren, seimbang dan terukur. Selain sebagai alat evaluasi kinerja, Balanced Scorecard telah dikembangkan menjadi suatu Sistem Manajemen Strategi. Dalam penerapannya pada organisasi publik, Balanced Scorecard membutuhkan penyesuaian terhadap empat perspektifnya. Empat perspektif tersebut adalah: Keuangan, Pelanggan, Proses Bisnis Internal, dan Employee and Organization Capacity. Hasil penilaian dengan pendekatan Balanced Scorecard , diharapkan mampu memberikan informasi-informasi penting untuk membuat kinerja organisasi PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang menjadi semakin baik. Dengan pendekatan Balanced Scorecard , hasil evaluasi kinerja pada PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Malang Periode Desember 2008-Februari 2009 memperoleh nilai kinerja sebesar 3,95 dengan kriteria kinerja BAIK . Hasil kinerja ini menunjukkan bahwa kinerja yang ada telah seimbang. Keseimbangan tersebut dapat dilihat dari keseimbangan penilaian seluruh perspektif, dan keseimbangan nilai antar perspektif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/264/050901684
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jun 2009 10:06
Last Modified: 22 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104133
[thumbnail of 050901684.pdf]
Preview
Text
050901684.pdf

Download (9MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item