”Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Bank Syariah (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang)”.

DianNuritaS (2009) ”Analisis Kompetensi Sumber Daya Manusia pada Bank Syariah (Studi Kasus pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi sumber daya manusia pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang dilihat dari segi tingkat pendidikan, lama bekerja, dan pelatihan yang berkaitan dengan perbankan syariah. Selain itu, tujuan lainnya adalah untuk mengetahui tingkat pendapatan karyawan dilihat dari segi kompetensi mereka serta program-program yang telah diterapkan di Bank Muamalat Indonesia dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Dalam penelitian ini, yang diteliti mencakup pada bidang sumber daya manusia khususnya karyawan banking staff Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang, yang kemudian dilakukan pengumpulan data dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Dari analisis secara deskriptif kuantitatif, dari segi tingkat pendidikan rata-rata karyawan banking staff Bank Muamalat Indonesia Cabang Malang berlatar belakang pendidikan S1 dan S2, untuk lebih berkompeten di bidangnya harus didukung oleh latar pendidikan yang tinggi dan ditunjang oleh pelatihan-pelatihan tentang perbankan syariah. Untuk pelatihan, ada yang dinamakan internal training, eksternal training , dan pelatihan di luar job description . Semakin lama mereka bekerja, semakin banyak pelatihan yang diikuti oleh karena itu kompetensi mereka di bidang perbankan syariah juga semakin baik. Hal ini terbukti dari kinerja mereka secara nasional dengan semakin bertambahnya jumlah kantor cabang System Online Payment Point (SOPP), peningkatan laba bersih, dan bertambahnya jumlah rekening nasabah khususnya Share-e dari tahun ke tahun. Dari segi tingkat pendapatan, dimana semakin berat tanggung jawabnya maka penghasilan mereka juga semakin tinggi dan penghasilan tersebut juga mencerminkan kompetensi/keterampilan yang mereka miliki. Sedangkan untuk program-program pengembangan dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia dilakukan pelatihan Competency- Based Filling Muamalat (CBFM) yang terbagi dalam tiga aspek, antara lain: manajerial dan kepemimpinan, efektivitas pribadi, dan orientasi bisnis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/263/050901683
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Jun 2009 09:57
Last Modified: 22 Oct 2021 05:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104132
[thumbnail of 050901683.pdf]
Preview
Text
050901683.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item