Efektivitas Linkage Program Untuk Mengembangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan UMKM : Studi Kasus Pada PT. BPR Hasta Krida Jaya, Kec. Kandangan, Kab Kediri.

ViethaDeviaSS (2009) Efektivitas Linkage Program Untuk Mengembangkan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dan Pengaruhnya Terhadap Perkembangan UMKM : Studi Kasus Pada PT. BPR Hasta Krida Jaya, Kec. Kandangan, Kab Kediri. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pelaksanaan linkage program yang merupakan kerjasama antara Bank Umum dan BPR serta pengaruhnya terhadap perkembangan UMKM. Tiap tahun, permintaan kredit oleh UMKM semakin meningkat, terutama kredit modal kerja. Besarnya LDR BPR akibat tingginya permintaan kredit UMKM menyebabkan BPR menghadapi kendala berupa keterbatasan dana untuk memenuhi tingginya permintaan kredit UMKM. Di sisi lain, pada Bank Umum masih terdapat idle money . Kondisi tersebut mendorong Bank Indonesia untuk menetapkan sebuah kebijakan yaitu linkage program untuk memperkuat BPR dari segi permodalan. Pada UMKM sendiri masih menghadapi kendala terutama dari segi permodalan. Selain itu akses UMKM terhadap lembaga keuangan masih kurang karena dianggap tidak bankable . Untuk tujuan penelitian pertama yaitu mengetahui efektivitas linkage program untuk mengembangkan BPR, digunakan alat analisis deskriptif kuantitatif dengan regresi dummy. Pengukuran efektivitas linkage program menggunakan tiga indikator yaitu perkembangan modal, jumlah kredit yang disalurkan oleh dan perkembangan pendapatan BPR. Dari regresi dummy diperoleh hasil P- Value yang signifikan pada perkembangan jumlah kredit yang disalurkan dan perkembangan pendapatan BPR. Sedangkan perkembangan modal hanya menunjukkan hasil yang kecil (tidak signifikan). Untuk tujuan penelitian kedua yaitu pengaruh linkage program terhadap perkembangan UMKM, digunakan alat analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil kuisioner yang telah disebarkan ke 40 nasabah PT. BPR Hasta Krida Jaya dan wawancara ke empat pelaku UMKM, responden menyatakan bahwa terdapat peningkatan kondisi usaha dilihat dari perkembangan pendapatan sebelum dan sesudah mendapat kredit dari BPR. Dengan demikian dapat disimpulkan yang pertama bahwa linkage program efektif untuk mengembangkan BPR dilihat dari jumlah kredit yang disalurkan dan perkembangan pendapatan BPR namun untuk modal hanya menunjukan hasil perkembangan yang kecil. Yang kedua, linkage program berpengaruh terhadap perkembangan UMKM dilihat dari pendapatan UMKM sebelum dan sesudah mendapat kredit dari BPR.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/26/050900334
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2009 12:05
Last Modified: 22 Oct 2021 05:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104128
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item