Tinjauan Eksternalitas Penempatan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bagi Masyarakat Di Sekitarnya : Studi di Masyarakat Wilayah Nggembel Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota madiun.

LiyaEffanda (2009) Tinjauan Eksternalitas Penempatan Sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Bagi Masyarakat Di Sekitarnya : Studi di Masyarakat Wilayah Nggembel Kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota madiun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan mengenai sampah merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Pertumbuhan penduduk yang tinggi dan pola konsumsi masyarakat yang semakin bervariasi membuat jumlah sampah yang dihasilkan terus bertambah. Oleh karena itu pengelolaan sampah yang baik dan mengutamakan lingkungan hidup sangat diperlukan. Penempatan sampah di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) tentu saja memberikan dampak bagi masyarakat di sekitarnya. Dampak ini bisa berupa dampak positif maupun dampak negatif mengingat sampah dianggap bahan buangan yang mengganggu tetapi sampah juga mempunyai nilai ekonomis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa eksternalitas positif dan negatif yang dirasakan oleh masyarakat di sekitar Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Dalam penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan menganalisis data kuantitatif dan data kualitatif. Lokasi penelitian adalah di wilayah Nggembel kelurahan Winongo Kecamatan Manguharjo Kota Madiun. Populasinya yaitu seluruh masyarakat yang tinggal di wilayah Nggembel. Tehnik pengamblan sampelnya menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 20 orang. Data primer diperoleh melalui kuesioner dan wawancara langsung. Analisis data dilakukan dengan table frekuensi dan tabel silang. Selain itu juga menggunakan indepth interview untuk memperdalam analisis data. Berdasarkan temuan di lapangan, eksternalitas positif yang dirasakan oleh responden adalah tambahan pendapatan bagi responden yang bekerja sebagai pemulung dan pengepul, sedangkan eksternalitas negatif yang dirasakan adalah gangguan bau dan lalat serta biaya berobat untuk kasus penyakit yang ada hubungannya dengan sampah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/25/050900333
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Feb 2009 11:18
Last Modified: 22 Oct 2021 05:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104117
[thumbnail of 050900333.pdf]
Preview
Text
050900333.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item