Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Taman Kanak-Kanak Al-Ya’lu Malang.

AriGayo (2009) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Dalam Menggunakan Jasa Taman Kanak-Kanak Al-Ya’lu Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk melihat baik tidaknya kualitas jasa yang diberikan oleh suatu perusahaan jasa dapat dilihat dari 5 dimensi kualitas jasa yang dimiliki perusahaan tersebut. Kotler dalam Buchari Alma (2004:284), yaitu : bukti fisik ( tangible ), keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), dan empati ( emphaty ). Kepuasan pelanggan sebagai respon pelanggan terhadap evaluasi ketidaksesuaian yang dipersepsikan antara harapan awal sebelum pembelian dengan kinerja yang dirasakan setelah melakukan transaksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatoris yang bertujuan untuk mengetahui apakah bukti fisik ( tangible ), keandalan ( reliability ), daya tanggap ( responsiveness ), jaminan ( assurance ), dan empati ( emphaty ) secara simultan dan parsial mempengaruhi kepuasan secara signifikan serta mengetahui dimensi manakah yang dominan memberikan pengaruh terhadap kepuasan konsumen TK Al-Ya’lu Malang Populasi penelitian ini adalah seluruh wali murid TK Al-Ya’lu Malang baik jenjang TK A & TK B yang secara keseluruhan berjumlah 92 orang pada tahun 2009. Jumlah sample minimum adalah 48 responden, hasil tersebut didapat dengan menggunakan rumus Slovin. Namun dalam pelaksanaannya peneliti mengambil sampel sebanyak 61 responden. Dari penelitian ini didapatkan hasil bahwa sebagian besar sub variabel kualitas jasa telah memiliki kinerja yang baik menurut wali murid dan perlu untuk dipertahankan, tetapi ada juga beberapa sub variabel yang kurang bisa memuaskan wali murid sebagai konsumen. Dimensi kualitas jasa berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai korelasi berganda sebesar 0.692, artinya dimensi kualitas jasa mempunyai pengaruh yang kuat terhadap terciptanya kepuasan konsumen. Secara parsial variabel yang mempunyai pengaruh signifikan adalah variabel keandalan dan jaminan. Sedangkan variabel bukti fisik, daya tanggap, dan empati tidak berpengaruh signifikan. Berdasarkan analisis regresi, juga diperoleh bahwa variabel jaminan memberikan pengaruh dominan pada kepuasan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/249/050901638
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Jun 2009 09:38
Last Modified: 22 Oct 2021 05:08
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104116
[thumbnail of COVER,_ABSTRAKSI,_K.PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
COVER,_ABSTRAKSI,_K.PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran__kuesioner.pdf]
Preview
Text
Lampiran__kuesioner.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_data_hasil_SPSS.pdf]
Preview
Text
lampiran_data_hasil_SPSS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP_(_BAB_I_-_V_)_+_D.PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP_(_BAB_I_-_V_)_+_D.PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item