Penerapan Cash Toward Accrual dalam sistem akuntansi Pemerintahan (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD) Kabupaten Malang).

NuristaReginaArthaPurba (2009) Penerapan Cash Toward Accrual dalam sistem akuntansi Pemerintahan (Studi Kasus Pada Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD) Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam era otonomi daerah sekarang ini, sistem pengelolaan keuangan negara terusmenerus diperbaiki seiring dengan arus reformasi di segala bidang. Hal ini ditandai terbitnya PP 24 Tahun 2005 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) yang akan menjadi pedoman dalam pencatatan dan pelaporan transaksi keuangan pemerintah pusat maupun daerah. Semua ini akan mendorong akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan demi terwujudnya Good Governance dalam sistem pemerintahan. Sistem akuntansi pemerintahan di Indonesia menggunakan cash toward accrual dalam sistem pencatatan transaksi keuangannya. Berdasarkan hal tersebut peneliti mencoba untuk mengembangkan studi tentang penerapan cash toward accrual pada pemerintah kabupaten Malang dengan membandingkan perlakukan pecatatan transaksi keuangan pada SKPKD kabupaten Malang dengan perlakuan yang sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) Analisis data yang digunakan adalah kualitatif. Data yang terkumpul melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dicatat untuk dianalisa. Analisa data dilakukan dengan cara membandingkan teori dengan praktik. Analisa difokuskan pada variabel-variabel yang berkaitan dengan perubahan basis akuntansi dalam penyusunan laporan keuangan kabupaten. Variabel-variabel tersebut mencakup beberapa kelompok rekening pada laporan keuangan daerah. Dari rekening-rekening yang muncul pada laporan keuangan tersebut, dicoba ditelusuri transaksi keuangannya kemudian dibuat jurnal penyesuaian sesuai basis akuntansi cash toward accrual . Dari transaksi yang sama, dibuat juga jurnal penyesuaian sesuai dengan SAP. Dengan demikian akan tampak bagaimana penerapan cash toward accrual dalam penyusunan laporan keuangan pemerintah kabupaten Malang, apakah sudah sesuai dengan SAP atau tidak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa basis akuntansi cash toward accrual sudah diterapkan dalam sistem pencatatan akuntansi pemerintahan di Satuan Kerja Pengelola Keuangan Daerah (SKPKD) Kabupaten Malang. Namun dalam prakteknya, SKPKD kabupaten Malang masih memiliki banyak kendala diantaranya faktor SDM yang terbatas, yang membuat pihak SKPKD kabupaten Malang belum mampu menghitung akumulasi penyusutan aktiva tetapnya serta menilai harga perolehan dari suatu aktiva tetap. Sehingga penerapan cash toward accrual pada SPKPD kabupaten Malang masih belum sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/247/050901613
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 08 Jun 2009 08:55
Last Modified: 22 Oct 2021 05:04
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104114
[thumbnail of 050901613.pdf]
Preview
Text
050901613.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item