Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Telekomunikasi (Studi Pada PT. Telkom Kandatel Malang).

TheresiaWilliaVicarosari (2009) Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Konsumen dalam Memilih Jasa Telekomunikasi (Studi Pada PT. Telkom Kandatel Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi persaingan pertelekomunikasian yang semakin ketat yang menuntut setiap perusahaan memiliki keunggulan bersaing agar dapat bertahan dalam dunia komunikasi. Salah satu strategi perusahaan adalah melalui penerapan bauran pemasaran jasa yang tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran jasa yang terdiri dari produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses dan bukti fisik terhadap keputusan pelanggan memilih jasa komunikasi, serta untuk mengetahui dan menganalisis variabel bauran pemasaran jasa yang memiliki pengaruh dominan terhadap keputusan pelanggan dalam memilih jasa komunikasi pada PT. Telkom Kandatel Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah explanatory research , yang digunakan untuk menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan aktif PT. Telkom Kandatel Malang, yaitu sebanyak 220.000 pelanggan, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling dan sample yang diambil sebanyak 100 pelanggan. Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa variabel produk, harga, lokasi, promosi, penyedia jasa, proses, dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pelanggan dalam memilih jasa telekomunikasi. Dapat diketahui juga bahwa variabel yang dominant berpengaruh terhadap keputusan pelanggan dalam memilih jasa telekomunikasi adalah proses. Dari hasil penelitian perusahaan lebih meningkatkan daya saing dengan melakukan pengembangan produk, penetapan harga yang bersaing, promosi yang tepat, pemilihan lokasi yang tepat, meningkatkan kualitas pelayanan, peningkatan sarana pendukung. Karena variabel proses merupakan variabel yang berpengaruh dominan maka perusahaan perlu merancang proses layanan yang cepat dan sederhana untuk memudahkan pelanggan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/240/050901542
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2009 14:38
Last Modified: 22 Oct 2021 04:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104107
[thumbnail of 050901542.pdf]
Preview
Text
050901542.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item