Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Pada Distribusi Fisik Produk Nestle Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan : Studi Pada Outlet Nestle Partner PT Padmatirta Wisesa Di Kota

IdaYulianti (2009) Analisis Pengaruh Penerapan Manajemen Rantai Pasokan Pada Distribusi Fisik Produk Nestle Untuk Meningkatkan Pelayanan Kepada Pelanggan : Studi Pada Outlet Nestle Partner PT Padmatirta Wisesa Di Kota. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan manajemen rantai pasokan terhadap distribusi fisik produk Nestle berdasarkan variabel transportasi ke vendor, utang dan piutang usaha, pergudangan dan tingkat persediaan, pemenuhan pesanan, dan berbagi informasi pelanggan, dalam meningkatkan pelayanan kepada pelanggan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory dimana penelitian ini adalah penelitian penjelasan untuk menggambarkan hubungan antar variabel dalam manajemen rantai pasokan terhadap pelayanan kepada pelanggan. Analisa yang digunakan adalah analisa kuantitatif dengan model statistik inferensial. Data yang dianalisa berasal dari 88 responden (pemilik outlet Nestle di Kota Malang). Berdasarkan hasil analisis data melalui regresi linier berganda diketahui bahwa variabel manajemen rantai pasokan yang terdiri dari transportasi ke vendor (X 1 ), utang dan piutang usaha (X 2 ), pergudangan dan tingkat persediaan (X 3 ), pemenuhan pesanan (X 4 ), dan informasi pelanggan (X 5 ) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen (Y) yaitu pelayanan pelanggan dengan nilai F hitung 34,168. Dari kelima variabel independen, variabel pemenuhan pesanan (X 4 ) mempunyai pengaruh dominan terhadap peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Dari hasil yang didapat diketahui bahwa pemenuhan pesanan berpengaruh sangat kuat terhadap peningkatan pelayanan kepada pelanggan. Maka pemenuhan pesanan berdasarkan keinginan pelanggan harus selalu diperhatikan dan dijaga ketepatannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/24/050900332
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2009 11:54
Last Modified: 22 Oct 2021 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104106
[thumbnail of 050900332.pdf]
Preview
Text
050900332.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item