Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Rasio Rentabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.

DiyahKurniawati (2009) Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Rasio Rentabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Aktivitas pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kinerja keuangan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk pada tahun 2005-2007 berdasarkan analisis rasio keuangan. Penilaian kinerja tersebut menggunakan analisis rasio keuangan dengan menghitung rasio likuiditas meliputi Cash Ratio , Loan to Deposits Ratio (LDR), Loan to Assets Ratio ; rasio rentabilitas meliputi Biaya Operasional (BOPO), Return on Assets dan Net Profit Margin (NPM); rasio solvabilitas meliputi Debt to Equity Ratio dan rasio aktivitas meliputi Total Assets Turnover . Teknik analisis yang digunakan adalah analisis horizontal, yaitu hasil perhitungan rasio dibandingkan dari tahun ke tahun dengan menggunakan tahun dasar sebagai tahun pembanding, serta hasil perhitungan rasio dibandingkan dengan kinerja keuangan rata-rata industri. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa kinerja keuangan perusahaan yang tertinggi selama periode penelitian dicapai pada tahun 2005. Rentabilitas dan aktivitas perusahaan mengalami kenaikan, sedangkan likuiditas dan solvabilitas mengalami penurunan. Pada tahun 2006 dan tahun 2007, PT Bank Rakyat Indonesia mengalami penurunan pada sisi rentabilitas, solvabilitas, dan aktivitas. Sedangkan likuiditas mengalami peningkatan. Secara umum bank mengalami peningkatan signifikan pada pendapatan, akan tetapi beban yang dikeluarkan juga semakin besar. Kurang efisiennya dalam pengunaan dana ini menyebabkan turunnya rentabilitas bank yang diikuti dengan turunnya aktivitas bank pada dua tahun terakhir. Solvabilitas mengalami penurunan yang disebabkan adanya peningkatan jumlah modal sendiri yang diikuti juga dengan peningkatan jumlah utang yang tidak sebanding. Sedangkan likuiditasnya malah mengalami kenaikan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan PT Bank rakyat Indonesia mengalami penurunan pada tahun 2006 dan tahun 2007. Berdasarkan hasil penelitian ini, mendukung teori bahwa peningkatan likuiditas belum tentu baik jika dilihat dari sisi rentabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/237/050901510
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2009 14:11
Last Modified: 22 Oct 2021 04:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104103
[thumbnail of 050901510.pdf]
Preview
Text
050901510.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item