Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang.

Lukmanto (2009) Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh Relationship Marketing pada PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang terhadap kepuasan pelanggan baik secara parsial maupun simultan. Adapun variabel Relationship Marketing yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari pertalian ( Bonding ), empati ( Empathy ), timbal balik ( Reciprocity ) dan kepercayaan ( Trust ). Jenis penelitian yang lakukan ini adalah penelitian survey , dimana peneliti menyebarkan kuesioner kepada para pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa seluruh variabel Relationship Marketing berpengaruh terhadap kepuasan para pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang, baik berpengaruh secara simultan maupun parsial. Variabel timbal balik merupakan variabel yang paling berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang. Hal ini dapat dilihat dari nilai t variabel komunikasi yang paling besar dibandingkan dengan nilai t variabel Relationship Marketing yang lain. Berdasarkan hasil koefisien determinasi (R 2 ) diperoleh hasil sebesar 0,700. Artinya, kepuasan pelanggan PT. Mitra Pinasthika Mustika Malang sebesar 70%. Hal ini dijelaskan oleh faktor pertalian ( Bonding ), empati ( Empathy ), timbal balik ( Reciprocity ) dan kepercayaan ( Trust ), sedangkan sisanya, yaitu sebesar 30%, dipengaruhi faktor lain diluar model, misalnya faktor lokasi, faktor manajemen, faktor lay out dan faktor suasana perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/235/050901507
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 29 May 2009 15:16
Last Modified: 22 Oct 2021 04:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104101
[thumbnail of cover.pdf]
Preview
Text
cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lukman_skripsi.pdf]
Preview
Text
lukman_skripsi.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of MUKHADDIMAH.pdf]
Preview
Text
MUKHADDIMAH.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item