RatindraMeloni (2009) Analisis Pengaruh Pesan Iklan Televisi REXONA Women-Roll On versi Carissa Putri Terhadap Keputusan Pembelian Produk Deodoran REXONA (Studi Pada Mahasiswi S-1 Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel-variabel Pesan Iklan Televisi REXONA terhadap keputusan pembelian produk deodorant REXONA, serta untuk mengetahui variabel dari Pesan Iklan Televisi REXONA yang lebih dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk deodorant REXONA. Variabel independen dalam penelitian ini adalah Pesan Iklan Televisi (X) yang terdiri dari Isi Pesan (X 1 ), Struktur Pesan (X 2 ), Format Pesan (X 3 ), dan Sumber Pesan (X 4 ) sedangkan variabel dependennya adalah Keputusan Pembelian (Y) yang diukur dengan keinginan mencoba, keputusan membeli,dan melakukan pembelian ulang. Seratus responden dari mahasiswi S-1 Universitas Brawijaya Malang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan proportional sampling . Untuk analisis data digunakan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan bantuan program komputer SPSS 15 for Windows . Dari hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh persamaan regresi linier berganda, yaitu: Y = 0,061X 1 + 0,253X 2 + 0,272X 3 + 0,136X 4 + e Dari persamaan regresi tersebut menunjukkan adanya pengaruh dari variabel bebas (Isi Pesan, Struktur Pesan, Format Pesan, dan Sumber Pesan) terhadap variabel terikat (Keputusan Pembelian). Pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara simultan dijelaskan melalui nilai R- square (R 2 ) sebesar 0,339, dan P Value 0,000. Dengan demikian berarti bahwa Pengaruh Pesan Iklan Televisi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Deodoran REXONA dapat dijelaskan sebesar 33,9 % variabel Isi Pesan (X 1 ), variabel Struktur Pesan (X 2 ), variabel Format Pesan (X 3 ), dan variabel Sumber Pesan (X 4 ) sedangkan sisanya sebesar 66,1 % dijelaskan oleh variabel-variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini misalnya kualitas produk, harga, tingkat kepuasan konsumen, dan pesaing. Adanya pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial dijelaskan melalui nilai koefisien regresi X 1 sebesar 0,061 dengan P Value = 0,586; X 2 sebesar 0,253 dengan P Value = 0,016; X 3 sebesar 0,342 dengan P Value = 0,016; X 4 sebesar 0,136 dengan P Value = 0,189. Hal ini menunjukkan bahwa secara parsial variabel Struktur Pesan (X 2 ) dan variabel Format Pesan (X 3 ) berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), sedangkan variabel Isi Pesan (X 1 ) dan variabel Sumber Pesan (X 4 ) tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Variabel Format Pesan (X 3 ) dengan nilai Standardized Coefficients Beta sebesar 0,272 adalah variabel yang lebih dominan berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian produk REXONA (Y) dibandingkan dengan variabel lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/231/050901467 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Endang Susworini |
Date Deposited: | 18 May 2009 12:04 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 17:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104097 |
Preview |
Text
050901467.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |