Implementasi Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang.

BenMuslim (2009) Implementasi Balanced Scorecard sebagai Alat Pengukur Kinerja pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pengukuran kinerja yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan pada umumnya menggunakan rasio-rasio keuangan yang lingkupnya terbatas pada aspek keuangan saja. Kebutuhan akan adanya sistem pengukuran yang lebih seimbang tersebut telah melahirkan konsep baru yang disebut Balanced Scorecard. Adapun masalah pada penelitian ini adalah penerapan Balanced Scorecard sebagai alat pengukur kinerja pada PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang dan kinerja PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur Area Pelayanan dan Jaringan Malang Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Balanced Scorecard sebagai alat pengukur kinerja, dan untuk menganalisa kinerja di perusahaan tersebut dengan menggunakan Balanced Scorecard. Sedangkan metodologi penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif yang digunakan untuk menghitung tolok ukur yang digunakan pada masing-masing perspektif dan metode kualitatif yang digunakan untuk menganalisis dengan menerjemahkan data. Adapun data yang dianalisis dalam penelitian ini meliputi data yang berhubungan sengan perspektif keuangan, pelanggan, proses bisnis internal serta pertumbuhan dan pembelajaran. Dari hasil analisis Melalui metode Balanced scorecard dan software BSC designer diketahui bahwa kinerja PT.PLN (persero) Distribusi Jawa Timur area pelayanan dan jaringan Malang Menunjukan kinerja yang meningkat. kinerja dari perspektif keuangan menunjukan peningkatan rata-rata 6,38% pertahun, perspektif pelanggan menunjukan peningkatan rata-rata 0,7% pertahun, perspektif bisnis internal mengalami peningkatan rata-rata sebesar 0,87% pertahun, dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan mengalami peningkatan sebesar rata-rata 5,3% pertahun. dan dari kinerja keseluruhan mengalami peningkatan sebesar rata-rata 1,8%. dari fakta diatas dapat disimpulkan bahwa metode Balanced Scorecard dapat diterapkan di PT.PLN (persero) Distribusi Jawa Timur area pelayanan dan jaringan Malang, sangat baik dan bermanfaat apabila PLN menerapkan metode Balanced Scorecard dalam menilai kinerja mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/225/050901461
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 May 2009 15:34
Last Modified: 21 Oct 2021 17:02
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104090
[thumbnail of 2003.pdf]
Preview
Text
2003.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2002.pdf]
Preview
Text
2002.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 2004.pdf]
Preview
Text
2004.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Ben_Muslim.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Ben_Muslim.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item