Analisis Penerapan Penilaian Dengan Menggunakan Metode Biaya dan Metode Pendapatan Dalam Penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Perhotelan sebagai Dasar Pengenaan PBB : Studi Kasus Pada Hotel Berbint

RatihOctaverdyaningsasi (2007) Analisis Penerapan Penilaian Dengan Menggunakan Metode Biaya dan Metode Pendapatan Dalam Penentuan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) Perhotelan sebagai Dasar Pengenaan PBB : Studi Kasus Pada Hotel Berbint. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari, tanah berperan sebagai barang ekonomi yang bersifat sangat vital. Perkembangan sektor ekonomi suatu daerah akan menyebabkan semakin padatnya aktivitas daerah tersebut, sehingga hal ini akan meningkatkan kebutuhan akan lahan. Berbanding lurus dengan proses itu, maka jumlah objek Pajak Bumi & Bangunan (PBB) juga semakin meningkat dan lebih variatif. Salah satu kelompok objek pajak yang banyak berkembang adalah kelompok komersil, yakni objek pajak yang bersifat menghasilkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah metode pendekatan pendapatan dapat diterapkan dalam penentuan NJOP untuk objek pajak yang bersifat menghasilkan, khususnya untuk objek perhotelan. Karena selama ini metode yang digunakan untuk menentukan NJOP perhotelan (dan objek yang bersifat komersil lainnya) ialah metode pendekatan biaya. Penentuan NJOP perhotelan melalui metode tersebut diduga kurang mencerminkan nilai pasar wajar properti/objek perhotelan, yang nyata-nyata kegiatannya didominasi oleh aspek ekonomi. Selain itu, tujuan lain yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui kelebihan maupun kekurangan dari masing-masing metode apabila diterapkan, untuk menunjukkan potensi dari masing-masing metode. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif, peneliti melakukan studi kasus pada hotel berbintang II, III, dan IV di Kota Malang. Peneliti dalam kesempatan ini berusaha menerapkan metode pendekatan biaya dan metode pendekatan pendapatan, kemudian membandingkan nilai yang dihasilkannya. Demi memperoleh hasil yang lebih meyakinkan, maka peneliti melakukan trianggulasi teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis maka diketahui bahwa nilai (NJOP) yang dihasilkan dari metode pedekatan pendapatan untuk ketiga hotel tersebut lebih besar daripada nilai (NJOP) yang dihasilkan melalui metode pendekatan biaya. Meskipun NJOP yang dihasilkan metode pendekatan pendapatan lebih mencerminkan nilai pasar wajar serta berpeluang memberikan kontribusi lebih besar kepada negara, akan tetapi diperlukan upaya lebih konkret dari pemerintah melalui instansi yang berwenang agar penerapan metode ini dan seluruh komponen yang terlibat dapat lebih maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/22/050900330
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 17 Feb 2009 10:49
Last Modified: 21 Oct 2021 16:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104084
[thumbnail of 050900330.pdf]
Preview
Text
050900330.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item