Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Mobil Merek Toyota (Studi Pada Masyarakat Kota Malang)

MFatchurrachman (2009) Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Konsumen dalam Membeli Mobil Merek Toyota (Studi Pada Masyarakat Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Persaingan Industri mobil di Indonesia saat ini semakin pesat dan ketat. Keadaan seperti ini membuat para produsen merancang strategi pemasaran yang lebih baik dengan salah caranya adalah membentuk citra merek ( brand image ) yang baik di mata konsumen. Brand image merupakan sekumpulan asosiasi merek yang terbentuk dan melekat di benak konsumen. Brand Image memiliki tiga komponen yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh brand image yang terdiri dari citra pembuat, citra pemakai dan citra produk terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil merek Toyota, baik secara simultan maupun parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh yang dominan. Jenis penelitian ini adalah eksplanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Sampel penelitian ini adalah 110 responden dari masyarakat kota Malang yang pernah membeli dan masih memiliki mobil merek Toyota. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi berganda menunjukkan bahwa secara simultan variabel citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil merek Toyota. Secara parsial, variabel citra pembuat dan citra produk yang berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsuemen dalam membeli mobil merek Toyota. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap keputusan konsumen yaitu variabel citra produk. Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini adalah ketiga variabel independen yaitu citra pembuat, citra pemakai, dan citra produk secara simultan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil merek Toyota. Secara parsial, variabel citra pembuat dan citra produk yang mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil merek Toyota. Variabel citra produk merupakan variabel yang mempunyai pengaruh yang dominan terhadap keputusan konsumen dalam membeli mobil merek Toyota. Dari penelitian ini diharapkankan perusahaan Toyota dapat mempertahankan dan meningkatkan citra merek ( brand image ) yang terbentuk saat ini sehingga dapat meningkatkan penjualan mobil merek Toyota.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/199/050901274
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Apr 2009 09:28
Last Modified: 21 Oct 2021 16:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104059
[thumbnail of 050901274.pdf]
Preview
Text
050901274.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item