Pengaruh Atribut Miss Universe Sebagai Endorser Iklan Televisi Terhadap Minat Konsumen untuk Membeli Produk Vitamin C “You C1000” (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program S1 Universitas Brawijay

EndahSulistyowati (2009) Pengaruh Atribut Miss Universe Sebagai Endorser Iklan Televisi Terhadap Minat Konsumen untuk Membeli Produk Vitamin C “You C1000” (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Program S1 Universitas Brawijay. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produk vitamin C, khususnya vitamin C 1000mg, yang dipasarkan saat ini cukup banyak, baik dalam bentuk maupun kemasan produk. Kondisi tersebut menimbulkan persaingan untuk dapat memenangkan pangsa pasar. Oleh karena itu, mereka menerapkan berbagai strategi khususnya dalam bidang pemasaran yaitu, strategi promosi melalui periklanan. Periklanan yang banyak bermunculan saat ini mulai menimbulkan kejenuhan bagi konsumen, sehingga konsumen memindah saluran televisi ( zapping ) ketika muncul tayangan iklan. Oleh karena itu, pemasar harus melakukan cara agar audience mau memperhatikan pesan iklan, salah satunya adalah dengan menampilkan endorser . Prestisiusnya ajang Miss Universe dan gelar yang disandang, membuat para pemasar memanfaatkan wanita pemenang ajang tersebut untuk menjadi endorser sebuah merek. Salah satu iklan yang menggunakan endorser Miss Universe adalah produk vitamin C “You C1000”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh atribut Miss Universe sebagai endorser terhadap minat membeli produk vitamin C “You C1000”. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian explanatory research ini menggunakan metode survei dengan melakukan wawancara dan membagikan kuesioner kepada 100 responden. Peneliti menggunakan purposive sampling dengan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya yang pernah melihat iklan televisi produk vitamin C “You C1000” sebagai sampel. Hasil dari regresi linear berganda pada penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel independen atribut Miss Universe yang terdiri dari trustworthiness (X 1 ), expertise (X 2 ), physical attractiveness (X 3 ), respect (X 4 ), dan similarity (X 5 ) berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat membeli dengan nilai F hitung sebesar 18,880. Secara parsial, dari kelima variabel independen hanya variabel trustworthiness (X 1 ) dan physical attractiveness (X 3 ) yang berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen minat membeli dengan nilai t hitung variabel trustworthiness (X 1 ) sebesar 4,170 dan nilai t hitung variabel physical attractiveness (X 3 ) sebesar 2,229. Berdasarkan hasil yang diperoleh tersebut, dapat disimpulkan jika atribut endorser tidak terlalu berpengaruh terhadap minat konsumen untuk membeli. Namun di sisi lain, pemasar sebaiknya mengevaluasi keberadaan endorser apakah masih layak digunakan, sehingga peran endorser tidaklah bersifat seumur hidup.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/190/050901189
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Apr 2009 09:25
Last Modified: 20 Apr 2009 09:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104050
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item