Pengaruh beberapa variabel fundamental dan eksternal terhadap harga saham (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Pada Periode Pengamatan Tahun 2003-2007)

DwiMandasari (2009) Pengaruh beberapa variabel fundamental dan eksternal terhadap harga saham (Studi Pada Perusahaan Property dan Real Estate Yang Listing di Bursa Efek Indonesia Pada Periode Pengamatan Tahun 2003-2007). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh variabel fundamental yaitu Earning Per Share (EPS), Price Earning Ratio (PER), Return On Equity (ROE), Book Value (BV), dan factor eksternal yaitu Tingkat Inflasi dan Tingkat Suku Bunga SBI terhadap harga saham perusahaan Property dan Real Estate yang terdaftar di BEI. Model yang digunakan dalam menganalisis pengaruh variabel-variabel tersebut di atas adalah model regresi linier berganda dengan menggunakan metode Ordinary least Square (OLS) dan memenuhi criteria BLUE (Best Linier Unbiased Estimator). Populasi dalam peneltian ini adalah seluruh perusahaan yang termasuk dalam sector Property dan Real Estate yang dilakukan dengan metode purposive sampling, dimana dengan menggunakan metode tersebut terpilih 12 perusahaan yang memenuhi criteria untuk dijadikan sampel. Hasil penelitian menunjukkan semua variabel independent secara simultan berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Dari hasil penelitian juga dapat diketahui bahwa secara parsial hanya variabel EPS, ROE, dan BV berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Sedangkan, variabel PER, Tingkat Inflasi, dan Tingkat Suku Bunga SBI secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap harga saham. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap harga saham dapat dilihat dari variabel yang memiliki nilai koefisien beta terbesar. Dari hasil analisis regresi, variabel EPS memiliki koefisien beta terbesar. Hal tersebut menunjukkan bahwa variabel EPS menjadi variabel dominan yang mempengaruhi harga saham perusahaan Property dan Real Estate dibandingkan dengan variabel yang lainnya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/175/050901063
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Apr 2009 09:53
Last Modified: 21 Oct 2021 16:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104034
[thumbnail of 050901063.pdf]
Preview
Text
050901063.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item