Analisa Pengaruh Pemekaran Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Batu, Kasus Pada Pelayanan Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan.

AdeliaSuhestyaningrum (2009) Analisa Pengaruh Pemekaran Daerah Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kota Batu, Kasus Pada Pelayanan Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemekaran daerah terhadap kualitas pelayanan publik di Kota Batu, terutama pada pelayanan bidang pendidikan dan kesehatan. Di era otonomi daerah saat ini, untuk melihat kualitas pelayanan publik tersebut, maka perlu diketahui tingkat kepuasan masyarakat akan penyediaan pelayanan sebagai salah satu indikator kualitas pelayanan. Hal ini juga disebabkan oleh fakta, bahwa banyak daerah di Indonesia yang melakukan pemekaran menuntut akan peningkatan kualitas pelayanan publik yang semakin baik, terutama bidang pendidikan dan kesehatan, karena salah satu tujuan dilaksanakan pemekaran daerah adalah untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mempercepat pembangunan di daerah. Metodologi penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitaif dan kualitatif, dimana untuk mengukur kepuasan masyarakat akan pelayanan publik tersebut, digunakan analisa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) pada pelayanan pendidikan dan kesehatan di Kota Batu dengan pengambilan sampel dengan metode quota sampling dan purposive sampling . Dari hasil analisa Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) diketahui bahwa tingkat kepuasan masyarakat akan kedua bidang pelayanan di Kota Batu cukup tinggi, yang mengartikan bahwa mutu pelayanan publiknya cukup baik. Hal tersebut diperkuat dengan berbagai alasan yang dikemukakan oleh responden sebagai penerima pelayanan sebelum dan sesudah pemekaran daerah. Selain itu ditemukan bahwa upaya aparatur penyedia pelayanan publik (pemerintah) dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik yang tidak luput dari faktor penghambat dan faktor pendukung. Dari hasil tersebut, maka pengaruh pemekaran daerah berpengaruh positif terhadap kualitas pelayanan pendidikan dan kesehatan di Kota Batu.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/174/050901062
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Apr 2009 09:26
Last Modified: 21 Oct 2021 16:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104033
[thumbnail of 050901062.pdf]
Preview
Text
050901062.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item