Penerapan Statistical Quality Control Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Perusahaan Percetakan dan Sablon UD. Mulya Lestari Jombang.

LyaYhusiana (2009) Penerapan Statistical Quality Control Bagi Usaha Kecil Menengah (UKM) Pada Perusahaan Percetakan dan Sablon UD. Mulya Lestari Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perusahaan percetakan dan sablon UD. Mulya Lestari jenis UKM dalam bidang percetakan dan sablon, yang memproduksi barang dengan tingkat volume yang rendah hingga sedang, serta memiliki variasi produk yang tinggi, sering dijumpai kesalahan dalam proses produksi atau juga pada produk akhir. UD. Mulya Lestari memiliki beberapa divisi produksi yaitu divisi sablon, computer bordir dan printing , setiap divisi memiliki tingkat kerusakan produk yang bervariasi sehingga perlunya pengendalian kualitas. Pengendalian kualitas ( Quality Control ) dengan menggunakan suatu teknik pengendalian kualitas yang di sebut Metode Statistical Quality Control (SQC). Metode SQC yang tidak hanya mengumpulkan tetapi juga menganalisa serta menginterpretasikan data-data yang berhubungan dengan aktivitas yang dilakukan untuk mengendalikan barang rusak. Hasil analisa melalui teknik kualitatif dan kuantitatif pada pengendalian kualitas menunjukkan kecenderungan kerusakan poduk disebabkan karena kurang pengawasan terhadap kualitas dari awal proses berupa bahan baku, hingga menjadi barang jadi sebagai output produksi. Kesalahan dalam proses produksi tidak hanya dapat menurunkan kualitas tetapi juga meningkatkan biaya produksi dan memperpanjang waktu penyerahan produk kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/169/050901057
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 16 Apr 2009 08:38
Last Modified: 21 Oct 2021 16:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104027
[thumbnail of 050901057.pdf]
Preview
Text
050901057.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item