DwiNovitasari (2009) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap : studi pada Rumah Sakit Bersalin Permata Hati Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap Rumah Sakit Bersalin Permata Hati Malang. Data yang dianalisa berasal dari 70 responden yang merupakan pasien rawat inap pada Rumah Sakit Bersalin Permata Hati Malang. Demi memperoleh hasil regresi yang baik, maka sebelum dilakukan uji regresi, terlebih dahulu dilakukan uji validitas, uji reliabilitas dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas. Hasil dari regresi menunjukkan bahwa secara simultan kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien , dengan nilai Fhitung sebesar 56.0535. Secara parsial kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pasien dengan nilai thitung masing-masing sebesar 21.751 untuk bukti langsung (X1), 12.751 untuk keandalan (X2), 7.437 untuk daya tanggap (X3), 12.008 untuk jaminan (X4), dan 9.681 untuk empati (X5). Nilai ajusted R square sebesar 0.976. Variabel bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati mempunyai hubungan positif atau searah dengan kepuasan konsumen . Variabel bukti langsung merupakan variabel yang dominan dalam mempengaruhi kepuasan konsumen. Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh bukti empiris yang dapat dalam mempertahankan dan meningkatkan kualitas pelayanan untuk memperoleh kepuasan pasien.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FE/2009/167/050901029 |
Subjects: | 300 Social sciences > 330 Economics |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi |
Depositing User: | Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id |
Date Deposited: | 16 Apr 2009 09:46 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 16:30 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104025 |
Preview |
Text
050901029.pdf Download (2MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |