Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mitra Swalayan Jombang

IrsyadSirajuddinBintarMadya (2009) Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mitra Swalayan Jombang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jenis penelitian ini adalah penelitian yang bersifat eksplanatory yaitu menjelaskan hubungan antara variabel penelitian dan menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Penelitian ini menggunakan MITRA SWALAYAN Jombang sebagai obyeknya, dengan judul penelitian : “Analisis Pengaruh Dimensi Kualitas Jasa Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Mitra Swalayan Jombang”. Latar belakang pengambilan judul pada penelitian ini adalah persaingan yang cukup ketat pada bisnis jasa swalayan di Jombang, yang menyebabkan MITRA SWALAYAN harus mempunyai suatu keunggulan dalam memenangkan persaingan tersebut. Salah satu keunggulan yang dapat diwujudkan adalah dengan peningkatan kualitas jasa dari MITRA SWALAYAN agar kepuasan konsumen bisa terwujud. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dimensi kualitas jasa terhadap kepuasan konsumen MITRA SWALAYAN, dan untuk mengetahui faktor dimensi kualitas jasa manakah yang paling dominan mempengaruhi kepuasan konsumen MITRA SWALAYAN Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik menyebarkan kuesioner pada responden yang telah ditentukan (purposive sampling) untuk memperoleh data penelitian. Analisa data yang digunakan yaitu menggunakan metode statistik seperti regresi linier berganda, uji F, uji t untuk menguji hipotesis yang ditentukan. Berdasarkan kajian teori yang digunakan, maka penulis menarik suatu hipotesis. Hipotesis I dimana terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dan parsial antara variabel dimensi kualitas jasa seperti reliability, responsiveness, competence, access, courtesy, communication, credibility, security, understanding / knowing the customer, dan tangibles terhadap variabel kepuasan konsumen. Dan hipotesis yang ke II diduga bahwa variabel bukti fisik ( tangibles ) mempunyai pengaruh yang paling dominan terhadap variabel kepuasan konsumen dibanding kesembilan variabel lainnya. Dari data yang diolah maka dihasilkan variabel dimensi kualitas jasa yang berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kepuasan konsumen baik secara simultan maupun parsial. Sedangkan variabel dimensi kualitas jasa yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel kepuasan konsumen adalah variabel access .

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/165/050901027
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Unnamed user with email repository.ub@ub.ac.id
Date Deposited: 16 Apr 2009 09:29
Last Modified: 21 Oct 2021 16:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104023
[thumbnail of 050901027.pdf]
Preview
Text
050901027.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item