Analisis pengaruh faktor-faktor pembentuk persepsi pelaku usaha mengenai fasilitas Sunset Policy terhadap minat pelaku usaha untuk memanfaatkan fasilitas tersebut.

TyshaAziziahSugiharto (2009) Analisis pengaruh faktor-faktor pembentuk persepsi pelaku usaha mengenai fasilitas Sunset Policy terhadap minat pelaku usaha untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tahun 2008 merupakan tahun Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak mengadakan serangkaian program ekstensifikasi pajak yang dilakukan beriringan dengan program sunset policy guna meningkatkan penerimaan pajak. Kedua program yang dijalankan beriringan tersebut membuat Ditjen Pajak optimis dapat meningkatkan penerimaan kepemilikan NPWP sehingga dapat meningkatkan penerimaan pajak negara. Namun hingga semester pertama 2008, target kepemilikan NPWP tersebut tidak dapat tercapai yang disebabkan karena pelaku usaha memiliki persepsi cenderung negatif terhadap Ditjen Pajak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor internal dan eksternal pembentuk persepsi pelaku usaha memiliki pengaruh terhadap minat pelaku usaha untuk memanfaatkan fasilitas tersebut. Responden penelitian ini adalah pengusaha komputer di Kota X. Hasil penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa faktor-faktor pembentuk persepsi tersebut berpengaruh secara simultan terhadap minat untuk memanfaatkan fasilitas sunset policy . Sedangkan hanya variabel Motivasi dan Harapan Pelaku Usaha (X2) serta Metode dan Intensitas Sosialisasi Ditjen Pajak (X3) yang berpengaruh terhadap minat pelaku usaha.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/161/050901002
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2009 09:09
Last Modified: 21 Oct 2021 16:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104019
[thumbnail of 050901002.pdf]
Preview
Text
050901002.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item