Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang).

RatnaWulandariNurimaAtminingrum (2009) Pengaruh Faktor Psikologis Terhadap Keputusan Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 (studi pada mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas tentang faktor psikologis dari perilaku konsumen yang meliputi persepsi, motivasi, belajar serta kepercayaan dan sikap secara simultan dan parsial terhadap keputusan mahasiswa FIA Unibraw Malang untuk menggunakan kartu Fren by Mobile 8 . Penelitian dilakukan pada seluruh FIA Unibraw Malang yang menggunakan kartu Fren by Mobile 8 . Sampel ditentukan sebanyak 60 responden dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling . Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan uji F dan uji t. Berdasarkan hasil analisis diketahui bahwa faktor-faktor psikologis yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, serta kepercayaan dan sikap secara simultan mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan mahasiswa FIA Unibraw Malang Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 . Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung (19,708) lebih besar dari nilai F tabel (2,51) atau nilai sig F (0,000) kurang dari 5%. Hasil uji t menunjukkan bahwa nilai t hitung masingmasing variabel bebas lebih besar dari nilai t tabel dan nilai sig t-nya di bawah nilai signifikan 0,05 (5%) sehingga faktor-faktor psikologis yaitu motivasi, persepsi, pembelajaran, serta kepercayaan dan sikap secara parsial mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap keputusan mahasiswa FIA Unibraw Malang Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 . Nilai adjusted R 2 sebesar 0,559 menunjukkan bahwa variabel keputusan mahasiswa FIA Unibraw Malang Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 dipengaruhi motivasi, persepsi, pembelajaran, serta kepercayaan dan sikap sebesar 55,9% sedangkan sisanya sebesar 44,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Variabel persepsi berpengaruh paling dominan terhadap keputusan mahasiswa FIA Unibraw Malang Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 karena mempunyai nilai koefisien beta terbesar (0, 394). Dari hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor psikologis mempengaruhi keputusan mahasiswa FIA Unibraw Malang Menggunakan Operator Fren By Mobile 8 maka diharapkan perusahaan akan mengetahui apa yang dibutuhan dan diinginkan konsumen sehingga akan mengarahkan perusahaan pada penetapan kebijakan pemasaran yang efektif dan efisien terutama dalam rangka mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/160/050901001
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 31 Mar 2009 08:57
Last Modified: 21 Oct 2021 16:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104018
[thumbnail of 050901001.pdf]
Preview
Text
050901001.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item