Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Bekerja Di Sektor Pertanian Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan : Studi Kasus: Kel. Parang Kec. Parang, Kab. Magetan.

AprianyBaktianNovitaningsih (2009) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Ibu Bekerja Di Sektor Pertanian Dan Kontribusinya Terhadap Pendapatan : Studi Kasus: Kel. Parang Kec. Parang, Kab. Magetan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peranan sektor pertanian di Indonesia masih sangat penting. Selain sebagai penyedia bahan pangan sektor ini juga mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar terutama di pedesaan. Tenaga kerja yang diserap oleh sektor ini tidak hanya didominasi kaum pria saja tetapi juga wanita termasuk ibuibu. Dengan melihat fenomena tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pendapatan kepala keluarga, tingkat pendidikan, umur dan jumlah tanggungan keluarga terhadap partisipasi ibu bekerja di sektor pertanian. Selain menganalisis faktor-faktor tersebut di atas, penelitian ini juga menganalisis kontribusi ibu bekerja di sektor pertanian terhadap pendapatan keluarga. Responden dari penelitian ini adalah ibu yang bekerja di sektor pertanian dan berjumlah 50 orang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan penjelasan ( explanatory research) dan analisis data menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan kesimpulan bahwa secara simultan keempat variabel yaitu pendapatan keluarga, tingkat pendidikan, umur, dan jumlah tanggungan keluarga mempengaruhi secara signifikan terhadap partisipasi ibu bekerja di sektor pertanian. Sedangkan berdasarkan analisis secara parsial faktor yang berpengaruh signifikan terhadap partisipasi ibu bekerja di sektor pertanian adalah variabel pendapatan kepala keluarga atau suami dengan koefisien 0,328 dan umur dengan koefisien -5205,646 . Variabel pendapatan kepala keluarga memiliki hubungan positif terhadap partisipasi ibu bekerja sedangkan variabel umur memiliki hubungan negatif terhadap partisipasi ibu bekerja. Dan variabel yang paling dominan mempengaruhi partisipasi ibu bekerja adalah variabel pendapatan kepala keluarga (beta=0,453). Keempat variabel di atas cukup kuat mempengaruhi ibu bekerja di sektor pertanian, dimana R 2 sebesar 0,670. Kontribusi ibu bekerja dalam pendapatan keluarga cukup besar, hal ini dapat dilihat dari 52% responden, kontribusinya terhadap pendapatan keluarga antara 41%-51%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/16/050900324
Subjects: 300 Social sciences > 330 Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 19 Feb 2009 09:10
Last Modified: 21 Oct 2021 16:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104017
[thumbnail of Microsoft_Word_-_LAMP.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_LAMP.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Microsoft_Word_-_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Microsoft_Word_-_BAB_I_.pdf]
Preview
Text
Microsoft_Word_-_BAB_I_.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item