Pengaruh Kualitas Produk Telepon Selular Cdma Flexi Trendy Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Flexi Trendy Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang)

EllySuryaningsih (2009) Pengaruh Kualitas Produk Telepon Selular Cdma Flexi Trendy Terhadap Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Flexi Trendy Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan secara simultan dan parsial antara variabel-variabel kualitas produk yang terdiri dari Performance /Kinerja (X 1 ), Feature /Fitur (X 2 ), Reliability /Keandalan (X 3 ), Durability /Daya Tahan (X 4 ), Serviceability (X 5 ), Aesthetic (X 6 ), dan Kualitas Penerimaan (X 7 ) terhadap kepuasan pelanggan (Y) dan mengetahui variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap Kepuasan Pelanggan (Y) telepon selular Flexi Trendy Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksplanatori yaitu penelitian yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel penelitian melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan metode survei yaitu penyelidikan yang diadakan untuk memperoleh fakta-fakta dari gejala-gejala yang ada. Jumlah sampel merujuk pada pendapat Roscoe sehingga diperoleh 80 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Snowball sampling yaitu sampel yang semula berjumlah kecil kemudian anggota sampel (responden) mengajak para temannya untuk dijadikan sampel dan seterusnya sehingga jumlah sampel semakin banyak. Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi berganda, uji F, dan uji t. Dari ketiga teknik tersebut dapat diketahui bahwa ketujuh variabel yaitu Performance (kinerja), Feature (fitur), Reliability (keandalan), Durability (daya tahan), Serviceability , Aesthetic , dan kualitas penerimaan mempunyai pengaruh simultan yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Variabel yang berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kepuasan pelanggan hanya variabel kualitas penerimaan dengan nilai signifikan sebesar 0,001 dimana nilai signifikan variabel lainnya yaitu Performance /Kinerja (X 1 ) sebesar 0,332; Feature /Fitur (X 2 ) sebesar 0,853; Reliability /Keandalan (X 3 ) sebesar 0,334; Durability /Daya Tahan (X 4 ) sebesar 0,396; Serviceability (X 5 ) sebesar 0,485; Aesthetic (X 6 ) sebesar 0,459. Sedangkan variabel yang berpengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan adalah variabel kualitas penerimaan (X 7 ). Berdasarkan penelitian ini diketahui bahwa variabel kepuasan pelanggan (Y) dijelaskan oleh variabel kualitas produk (X) sebesar 32,9%, sedangkan sisanya sebesar 67,1% dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FE/2009/153/050900960
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 30 Mar 2009 11:51
Last Modified: 21 Oct 2021 16:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/104010
[thumbnail of 050900960.pdf]
Preview
Text
050900960.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item